Pendidikan Karakter Religius pada Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Darus Sholah Jember).

Zain N.F, Atika (2019) Pendidikan Karakter Religius pada Sekolah Berbasis Pesantren (Studi Kasus pada Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Darus Sholah Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Atika Zain N.F_T20151157.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi hal penting yang harus diterapkan pada seluruh sekolah sejak dini. Hal ini sebagai bagian dari usaha & strategi sekolah dalam mengatasi dekadensi moral yang banyak bermunculan di berbagai tempat. Seperti kasus tawuran pelajar, kekerasan terhadap sesama remaja, mabuk- mabukan, dan lain sebagainya. Hal ini perlu diselesaikan dan diatasi. Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Darus Sholah merupakan salah satu sekolah Menengah Pertama yang ada di Kabupaten Jember, dimana dalam proses pembelajarannya menanamkan pendidikan akhlak/karakter religius pada peserta didiknya, yaitu dalam berbagai kegiatan seperti: pembelajaran kitab, sholat Dluha berjamaah, sholat Dzuhur berjamaah, membaca Qur’an setiap pagi sebelum pelajaran dimulai, adanya kegiatan-kegiatan terkait Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), dan lain sebagainya. Berbagai kegiatan tersebut yang menjadikan peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Plus Darus Sholah Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam peneltian ini adalah: 1) Bagaimana model pendidikan karakter religius pada sekolah berbasis pesantren di SMP Plus Darus Sholah Jember?; 2) Bagaimana kendala yang dihadapi dalam proses pendidikan karakter religius di SMP Plus Darus Sholah Jember? Adapaun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan model pendidikan karakter religius pada sekolah berbasis pesantren di SMP Plus Darus Sholah Jember; 2) Untuk mendeskripsikan kendala yang dihadapi dalam proses pendidikan karakter religius di SMP Plus Darus Sholah. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Kualitatif deskriptif. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah: Observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penentuan informan menggunakan Purposive. Analisis data yang digunakan model Matthew B. Miles, Michael Huberman, dan Johnny Saldana meliputi: Kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Adapun hasil penelitian ini, yaitu: 1) pelaksanaan pendidikan karakter religius pada sekolah berbasis pesantren di SMP Plus Darus Sholah Jember menggunakan dua model yaitu model struktural, dengan menerapkan metode pembiasaan dan model mekanik dengan menerapkan dua metode, yaitu metode keteladanan dan metode targhib dan tarhib (penghargaan dan hukuman); 2) terdapat tiga kendala yang dihadapi SMP Plus Darus Sholah Jember dalam proses pendidikan karakter religius. Pertama kendala dari peserta didik, kurang disiplin terhadap peraturan yang ada. Kedua kendala dari lembaga, ialah kebijakan sekolah yang menggunakan sistem fullday school, membuat siswa rentan melakukan pelanggaran. Ketiga kendala dari tenaga pendidik, kurang tegas terhadap para siswa yang tidak disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:25
Last Modified: 07 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19629

Actions (login required)

View Item View Item