Analisis Pelaksanaan Take Over Pembiayaan Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember.

Saputri, Bela Dewi (2019) Analisis Pelaksanaan Take Over Pembiayaan Di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bela Dewi Saputri_083143021.pdf

Download (5MB)

Abstract

Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang berusaha untuk membantu kesejahteraan masyarakat Jember dan sekitarnya. Bank syariah mandiri kantor cabang Jember memberikan dana kepada masyarakat yang kekurangan dana dalam bentuk pembiayaan. Salah satu pembiayaan itu adalah pembiayaan take over. Kebijakan pembiayaan take over diambil oleh bank syariah karena banyaknya peminat kredit dari bank konvensional pindah ke bank syariah. Oleh sebab itu, perlu adanya analisis faktor penyebab pembiayaan take over dan pelaksanaanya. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini: (1) faktor-faktor yanag menyebabkan terjadinya take over pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember?. (2) bagaimana pelaksanaan take over pembiayaan yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember?. (3) Apa saja masalah-masalah yang dihadapi dalam pembiayaan take over yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember?. (4) Bagaimana ketika pelaksanaan take over pembiayaan yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember tidak tercapai?. Tujuan ini adalah (1) untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya take over pembiayaan di BSM kantor Cabang Jember. (2) untuk mengetahui pelaksanaan take over pembiayaan di BSM Kantor Cabang Jember. (3) untuk mengetahui masalah-masalah apa yang sering terjadi dalam pelaksanaan pembiayaan take over di BSM Kantor Cabang Jember. (4) untuk mengetahui Solusi jika pelaksanaan take over pembiayaan di Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember tidak tercapai. Dalam penelitian skripsi ini, pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, kemudian disajikan secara deskriptif dengan jenis data field reseach( penelitian lapangan). pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif dan untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya take over pembiayaan ini ada dua faktor yaitu faktor dari nasabah dan faktor dari pihak Bank. (2) pelaksanaan pembiayaan take over pembiayaan ini harus sesuai peraturan pelaksanaan pembiayaan yang sudah ditetapkan oleh pihak Bank. (3) masalah-masalah yang terjadi dalam pelaksanaan pebiayaan ini biasanya terjadi dalam hal kelengkapan dokumen, ataupun dengan ketika si nasabah dicek di Bi Cheking ternyata mengalami kendala dalam pembayaran angsuran,maka pembiayaan itu tidak dapat dilakukan di bank ini. (4) ketika masalah yang dihadapi diatas tidak dapat diselesaikan maka solusi yang diberikan kepada nasabah yaitu untuk melakukan pembiayaan take over di bank yang lain ataupun disarankan kembali ke bank yang awal untuk memverifikasi pembiayaan yang dahulu dan melanjutkan di bank yang lama. Kata Kunci:Analisis, Take Over

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:25
Last Modified: 07 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19631

Actions (login required)

View Item View Item