Strategi Lindung Nilai Dalam Menangani Risiko Nilai Tukar Pada Produk Cicil Emas Logam Mulia di PT Pegadaian UPC Rambipuji Jember.

Sunni, Bustomi (2019) Strategi Lindung Nilai Dalam Menangani Risiko Nilai Tukar Pada Produk Cicil Emas Logam Mulia di PT Pegadaian UPC Rambipuji Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Bustomi Sunni_083 143 061.pdf

Download (4MB)

Abstract

Emas merupakan barang dengan tingkat permintaan yang tinggi baik untuk proteksi aset dari gerusan inflasi, kepentingan berjaga, kebutuhan tabungan haji, maupun investasi, investasi emas dapat dilakukan dengan berbagai bentuk produk cicilan emas di Pegadaian untuk menarik minat nasabah. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana langkah-langkah strategi lindung nilai dalam menangani risiko nilai Tukar pada produk cicil emas logam mulia di PT Pegadaian UPC Rambipuji? 2) Bagaimana manfaat dari penerapan strategi lindung nilai dalam menangani risiko nilai tukar pada produk cicil emas logam mulia di PT Pegadaian UPC Rambipuji? Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui langkah-langkah strategi lindung nilai dalam menangani risiko nilai tukar pada produk cicil emas logam mulia di PT Pegadaian UPC Rambipuji dan Untuk mengetahui manfaat penerapan strategi lindung nilai dalam menangani risiko nilai tukar pada produk cicil emas logam mulia di PT Pegadaian UPC Rambipuji. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa 1) strategi yang digunakan oleh pihak Pegadaian yaitu dengan cara melalui kontrak berjangka dimana perjanjian untuk melakukan pertukaran mata uang yang berbeda pada tanggal tertentu di masa yang akan datang pada kurs yang telah disepakati. Dan juga merupakan kontrak standard yang diperdagangkan pada bursa berjangka, untuk membeli ataupun menjual asset, serta kedua belah pihak wajib untuk melaksanakan kewajiban masing-masing pada tanggal penyelesaian yang telah dibuat sebelumnya. 2) ada tiga manfaat dari transaksi lindung nilai diantaranya yaitu: sebagai fungsi lindung nilai, sebagai sarana untuk mengendalikan risiko, dan untuk meningkatkan kepercayaan terhadap pelaku usaha. Kata Kunci: Lindung Nilai (Hedging), Risiko Nilai Tukar, Cicil Emas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:25
Last Modified: 07 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19632

Actions (login required)

View Item View Item