Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Multikulturalisme Agama Di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember.

Rosyidi, Achmad Kholif (2019) Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Multikulturalisme Agama Di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ACHMAD KHOLIF ROSYIDI_084141266.pdf

Download (7MB)

Abstract

Multikulturalisme bukan hanya soal identitas dan perbedaan identitas semata, tetapi tentang segala sesuatu yang tertanam didalam kultur, yakni susuna kepercayaan dan praktek-praktek sosial, dimana suatu kelompok dapat memahami siapa mereka, dunia, serta dapat menata kehidupan mereka, bak kehidupan individual maupun sosial. Di desa Sukoreno, ada beberpa perbedaan agama yaitu agama Islam, Hindu, dan Kristen. Keragaman bukanlah hal yang harus dimonokulturalkan melainkan sebuah kekayaan budaya yang harus kita sikapi secara multikulturalisme. Karena dengan pandangan multikulturalisme ini suatu desa yang memiliki beragam budaya dan agama akan dapat menciptakan kehidupan yang harmonis. Dalam penelitian ini difokuskan pada : pertama, peran tokoh agama dalam menjaga nilai persaudaraan di Desa Sukoreno Kec. Umbulsari Kab. Jember, kedua, Peran tokoh agama dalam menjaga nilai toleransi di Desa Sukoreno Kec. Umbulsari Kab. Jember, ketiga peran tokoh agama dalam menjaga nilai gotong royong di Desa Sukoreno Kec. Umbulsari Kab. Jember, keempat, peran tokoh agama dalam menjaga nilai kerukunan di Desa Sukoreno Kec. Umbulsari Kab. Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Disebut kualitatif karena merupakan penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami subyek penelitian. Disebut deskriptif karena penelitian ini bertujuan untuk menguraikan tentang sifat-sifat (karakteritik) suatu keadaan dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Jenis penelitian ini adalah termasuk studi lapangan (field reaserch) yaitu dengan menggunakan sumber-sumber informan, catatan lapangan, hasil observasi dalam menggali dan mepertajam analisis penelitian ini. Adapun tujuannya dengan menggunakan jenis penelitian ini yaitu guna mendapatkan metode, teknik, atau cara pendeketan pemecahan yang digunakan serta mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan hasil dari peneliti dilapangan. Setelah dilakukan observasi, dokumentasi, wawancara dan analisis terhadap data yang diperoleh dari lapangan, peran tokoh agama dalam menjaga multikulturalisme agama di Desa Sukoreno yaitu: pertama, menjaga nilai persaudaraan dengan ikut kedalam berbagai kegiatan yang ada di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember, kedua menjaga nilai toleransi dengan menyampaikannya melalui kegiatan-kegiatan keagamaan tertentu yang ada di Desa Sukoreno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember, ketiga, menjaga nilai gotong royong dengan terjun langsung pada berbagai kegiatan baik yang diselenggarakan oleh desa, umat agama tertentu maupun warga masyarakat di Desa Sukoeno Kecamatan Umbulsari Kabupaten Jember, keempat, menjaga nilai kerukunan dengan memberi arahan terhadap warga Desa Sukoreno Kec. Umbulsari Kab. Jember diberbagai kesempatan. Kata Kunci: Tokoh Agama, Nilai-nilai Pendidikan Multikulturalisme Agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:25
Last Modified: 07 Mar 2023 07:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19634

Actions (login required)

View Item View Item