Proses pembelajaran di IAIN Jember dalam pandangan mahasiswa Thailand.

Khoiroh, Anikmatul (2015) Proses pembelajaran di IAIN Jember dalam pandangan mahasiswa Thailand. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ANIKMATUL KHOIROH _084 111 014.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran merupakan proses yang dilakukan oleh para guru dalam membimbing dan mengarahkan perserta didik untuk memiliki pangalaman balajar. Dalam realitanya mahasiswa Thailand mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran dikarenakan kemampuannya dalam berbahasa. Serta terdapat banyak sekali perbedaan dalam proses pembelajaran di Thailand dengan proses pembelajaran di IAIN Jember, maka mahasiswa Thailand harus berupaya menyesuaikan dengan proses pembelajaran yang ada seperti mahasiswa lainnya. Latar belakang diatas maka fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand? (2) Bagaimana penguasaan materi pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand? (3) Bagaimana metode pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand? (4) Bagaimana penggunaan media pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand? (5) Bagaimana evaluasi pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendiskripsikan perencanaan pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand (2) Mendiskripsikan penguasaan materi pembelajaran oleh dosen dalam mahasiswa Thailand. (3) Mendiskripsikan penggunaan metode pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand. (4) Mendiskripsikan penggunaan media pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand. (5) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran oleh dosen dalam pandangan mahasiswa Thailand. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan informan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pengumpulan datanya melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah hasil penelitian terkumpul kemudian dilakukan sebuah analisis data menggunakan deskriptif, dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Selanjutnya untuk melihat keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dam triangulasi metode. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Dosen telah melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat silabus, outline dan kotrak belajar. (2) dosen telah berusaha menyampaikan materi dengan baik dalam perkuliahan tetapi sebagian mahasiswa masih kesulitan menguasai materi yang disampaikan dalam perkuliahan. (3) Sebagian besar dosen menggunakan metode ceramah dan diskusi, tetapi ada beberapa dosen yang menggunakan metode yang bervariasi dalam mengajar. (4) dalam proses pembelajaran tidak semua dosen menggunakan media pembelajaran. (5) penguasaan bahasa yang kurang difahami oleh mahasiswa Thailand, membuat mahasiswa kesulitan dalam evaluasi,tetapi di semester berikutnya mengalami peningkatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19639

Actions (login required)

View Item View Item