Fungsi Masjid sebagai Lembaga Sosial Keagamaan (Studi Kasus di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso).

Arrofiqoh, Durratul Munirah (2015) Fungsi Masjid sebagai Lembaga Sosial Keagamaan (Studi Kasus di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Durratul Munirah Arrofiqoh_084 111 095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jumlah masjid selalu berkembang dari tahun ke tahun. Namun perkembangan jumlah masjid tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan kualitas masjid. Banyak masjid yang sepi dari aktivitas ibadah. Selain itu, masjid cenderung dianggap hanya sebagai tempat untuk sholat. Padahal masjid memiliki fungsi yang beragam. Bahkan di zaman Rasulullah masjid menjadi sentral kegiatan umat Islam yang tidak hanya bergerak di bidang ibadah saja, namun bidang sosial, ekonomi, budaya, bahkan kemiliteran. Seharusnya, masjid sebagai lembaga sosial keagamaan difungsikan dengan baik agar keberadaannya dapat bermanfaat bagi umat. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana fungsi masjid sebagai lembaga sosial keagamaan dalam melaksanakan kegiatan sosial di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso? (2) Bagaimana fungsi masjid sebagai lembaga sosial keagamaan dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso? Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut (1) Untuk mendeskripsikan fungsi masjid sebagai lembaga sosial keagamaan dalam melaksanakan kegiatan sosial di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso (2) Untuk mendeskripsikan fungsi masjid sebagai lembaga sosial keagamaan dalam melaksanakan kegiatan keagamaan di Masjid Agung At-Taqwa Bondowoso. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini ialah (1) Masjid Agung At-Taqwa sebagai lembaga sosial keagamaan telah melaksanakan layanan pendidikan melalui pelaksanaan berbagai kegiatan sosial yang bersifat praktis, bisa menimbulkan rasa peduli dan kasih sayang antar sesama, dan bertujuan untuk mempererat tali silaturrahmi antara sesama jamaah dan membantu meringankan beban satu sama lain (2) Masjid Agung At-Taqwa sebagai lembaga sosial keagamaan telah melaksanakan layanan pendidikan melalui pelaksanaan berbagai kegiatan keagamaan yang bersifat praktis dan teoritis, bertujuan untuk menggapai ridho Allah dan memberi manfaat berupa peningkatan iman, ilmu dan akhlaq.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:26
Last Modified: 07 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19641

Actions (login required)

View Item View Item