Optimalisasi Portofolio Saham Menggunakan Model Indeks Tunggal Sebagai Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Analisis Terhadap bank BUMN di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2016)

Ratnasari, Dwi (2018) Optimalisasi Portofolio Saham Menggunakan Model Indeks Tunggal Sebagai Pengambilan Keputusan Investasi (Studi Analisis Terhadap bank BUMN di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2011-2016). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Ratnasari_083 143 279.pdf

Download (1MB)

Abstract

Investasi adalah pengorbanan nilai tertentu yang berlaku saat ini untuk mendapatkan nilai di masa mendatang yang belum dapat dipastikan besarnya. Dalam dunia investasi, saham menjadi salah satu incaran oleh para investor. Sebelum memutuskan berinvestasi, investor perlu membuat analisis portofolio guna mengetahui tingkat pengembalian dan juga risikonya. Dalam hal ini, investor dapat menggunakan analisis portofolio saham menggunakan model indeks tunggal. Rumusan masalah dalam penelitian ini : 1. Bagaimanakah penentuan portofolio optimal dengan menggunakan model indeks tunggal pada bank BUMN di Bursa Efek Indonesia ? 2. Seberapa besar penentuan proporsi dana masing- masing saham pembentuk portofolio optimal pada bank BUMN di Bursa Efek Indonesia ? 3. Berapa tingkat keuntungan yang diharapkan dan risiko yang terbentuk pada bank BUMN di Bursa Efek Indonesia ? Tujuan dari penelitian ini adalah : 1. Mengetahui saham-saham apa saja yang membentuk portofolio optimal pada dengan bank BUMN yang di Bursa Efek Indonesia model indeks tunggal. 2. Mengetahui proporsi dana pembentuk portofolio optimal pada bank BUMN di Bursa Efek Indonesia model indeks tunggal. 2. Mengetahui besarnya tingkat pengembalian yang diharapkan dan risiko dari portofolio yang terbentuk pada bank BUMN di Bursa Efek Indonesia model indeks tunggal. Metode Penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder. Penelitian ini menggunakan data time series dari tahun 2011- 2016. Sedangkan metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunanakan model indeks tunggal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis portofolio optimal menggunakan model indeks tunggal mampu mendapatkan kandidat portofolio optimal yaitu BBRI dan BBNI, dimana bank-bank tersebut memiliki nilai ERB lebih besar dari pada nilai Ci nya. Dimana nilai ERB dari BBRI sebesar 0,1716 lebih besar dari pada nilai Cinya 0,0078, sedangkan nilai ERB BBNI juga lebih besar dari pada nilai Ci nya sebesar -0,4257 dan nilai Ci nya -0,4719. Besarnya proporsi dana yang dialokasikan untuk masing-masing saham pembentuk portofolio optimal berdasarkan Model Indeks Tunggal yakni saham BBRI dengan proporsi dana 83,77% dan BBNI dengan proporsi dana 16,23%.Expected return portofolio yang akan diperoleh oleh investor dari portofolio yang terbentuk adalah 0,167908 per bulan dengan risiko sebesar 0,116877 per bulan. Kata Kunci : Portofolio Optimal, Model Indeks Tunggal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:26
Last Modified: 07 Mar 2023 07:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19642

Actions (login required)

View Item View Item