Peran Alumni Pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam Meningkatkan Pendidikan Keagamaan pada Remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe.

Roziqin, Dafid (2019) Peran Alumni Pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam Meningkatkan Pendidikan Keagamaan pada Remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DAFID ROZIQIN_T20151044.pdf

Download (21MB)

Abstract

Meskipun para remaja di Desa Pringgondani minim akan pendidikannya namun di sana tetap semangat untuk belajar. Hal itu tidak lepas dari para alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe melalui berbagai metode atau strategi dalam meningkatkan pendidikan keagamaan yaitu diantaranaya melaksanakan istighosah dan tahlilan bersama, belajar mengaji, serta alumni berdakwah untuk memotivasi para remaja Desa Pringgondani untuk melakukan hal yang positif dan memperbaiki akhlak, etika dan moral. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Peran Alumni Pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam Meningkatkan Pendidikan Keagamaan pada Remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe. Fokus penelitian meliputi: (1) Peran alumni pesantren Nurul Islam AlHamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan akhlak pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe? (2) Peran alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan Fiqih pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe? (3) Apa faktor pendukung dan penghambat para alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe? Tujuan penelitian meliputi: (1) Untuk mendeskripsikan peran alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan akhlak pada remaja di Desa Pringgondani kecamatan Sumberjambe. (2) Untuk mendeskripsikan peran alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan fiqih pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe. (3) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat para alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan pada remaja di Desa Pringgondani kecamatan Sumberjambe. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field researct) yaitu memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang lebih jelas mengenai situasi yang terjadi, maka jenis penelitian gunakan adalah jenis penelitian kualitatif. Penelitian ini juga bisa dikatakan sebagai penelitian sosiologis yaitu suatu penelitian yang cermat yang dilakukan dengan jalan langsung terjun ke lapangan. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknis analisis data menggunakan deskriptif kualitatif model Miles Huberman yang meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x Hasil dari penelitian ini adalah (1) Peran alumni pesantren Nurul Islam AlHamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan akhlak pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe yaitu: pertama; sebagai pendidik, pembimbing, mengayomi dan sang motivator pada remaja, kedua; alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan menggunakan berbagai metode atau strategi pembelajaran meliputi dakwah, pengajian, istighosah dan tahlilan bersama serta melalu pendekatan emosional kepada remaja untuk merubah akhlak, etika dan moral yang baik, ketiga; perkumpulan para alumni. (2) Peran alumni pesantren Nurul Islam AlHamidy dalam meningkat pendidikan keagamaan fiqih pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe yaitu: Pertama, alumni pesantren ia berhak untuk mengatur, membimbing. dan memberi petunjuk. Keseharian dari tingkah laku dan sikap juga menjadi contoh bagi masyarakat untuk meningkatkan pendidikan agama yang baik. Kedua; alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy menjalankan perannya dengan baik yaitu memberikan penyuluhan (rapat, musyawarah), Ketiga; upaya pengetahuan agama dan bisa memberikan pengaruh besar dalam kehidupan remaja Desa Pringgondani. (3) Faktor pendukung dan penghambat para alumni pesantren Nurul Islam Al-Hamidy dalam meningkatkan pendidikan keagamaan pada remaja di Desa Pringgondani Kecamatan Sumberjambe yaitu: Pertama; faktor pendukung dari dalam pertemuan rutin alumni giat memberi masukan membina dan mengayomi mengenai betapa pentingnya pendidikan keagamaan agar mendapatkan pengetahuan yang luas dan bermanfaat bagi orang lain. Adapun faktor pendukung dari luar yakni adanya dukungan dari tokoh agama, tokoh masyarakat serta warga Desa Pringgondani sendiri sehingga dapat membantu membina para remaja Desa Pringgondani. Kedua; faktor penghambat dari dalam, peneliti menyimpulkan bahwa masih ada alumni atau pemuda Desa Pringgondani yang saat pertemuan rutin tidak dapat hadir, sehingga acara pertemuan rutin menjadi terhambat sedikit. Adapun faktor penghambat dari luar yakni masih ada para remaja tidak dapat hadir dikarenakan hujan, tidak ada kendaraan, ada keperluan lain yang tidak bisa ditinggalkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:27
Last Modified: 07 Mar 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19643

Actions (login required)

View Item View Item