Peran Price Dalam Pengambilan Keputusan Mengambil Kredit Untuk Bisnis Rumah Kos-kosan Di Lingkungan Karang Mluwo Mangli.

Haq, Dyah Laju (2019) Peran Price Dalam Pengambilan Keputusan Mengambil Kredit Untuk Bisnis Rumah Kos-kosan Di Lingkungan Karang Mluwo Mangli. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dyah Laju Haq_E20151070.pdf

Download (6MB)

Abstract

Bisnis usaha rumah kos-kosan merupakan salah satu peluang bisnis yang ada di lingkungan Karang Mluwo Mangli sekitar kampus IAIN Jember. Hal itu sejalan dengan perkembangan dan pertambahan jumlah mahasiswa IAIN Jember tiap tahunnya. Sehingga maasalah penting yang perlu dipersiapkan oleh masyarakat lingkungan Karang Mluwo adalah menyiapkan tinggal bagi mereka, salah satu contohnya adalah rumah kos-kosan. Para pemilik usaha bisnis koskosan saat mendirikan bisnis rumah kos-kosan menghadapi permasalahan kekurangan dana sehingga ada beberapa dari mereka yang meminjam dana atau kredit ke bank. Dalam pengambilan kredit para pelaku usaha rumah bisnis koskosan yang didapatkan dari bank pada faktanya terdapat berbagai jenis kredit yang mereka ambil walaupun pada jenis usahanya sama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana proses pengambilan keputusan mengambil kredit untuk bisnis rumah kos-kosan di lingkungan Karang Mluwo Mangli? 2) Bagaimana peran price dalam pengambilan keputusan mengambil kredit untuk bisnis rumah kos-kosan di lingkungan Karang Mluwo Mangli? . Tujuan Penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mendeskripsikan proses pengambilan keputusan mengambil kredit untuk bisnis rumah kos-kosan di lingkungan Karang Mluwo Mangli. 2) Untuk mendeskripsikan peran price dalam pengambilan keputusan mengambil kredit untuk bisnis rumah kos-kosan di lingkungan Karang Mluwo Mangli. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan analisis deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa: 1) Didalam proses pengambilan keputusan mengambil kredit untuk bisnis rumah kos-kosan di lingkungan Karang Mluwo Mangli yaitu melalui tiga tahap : pertama, pengenalan kebutuhan berupa ketika para pemilik kosan merasakan adanya keinginan pengembangan rumah kos-kosan maka pada saat itu mereka membutuhkan dana. Kedua, penelitian sebelum pembelian berupa ketika para pemilik kosan mencari informasi tentang kredit di bank yang dilakukan dengan menggunakan memori yang tersimpan di dalam ingatannya (pengalaman). Ketiga, penilaian berbagai alternatif berupa ketika para pemilik kosan sudah mendapatkan informasi berbagai macam merk produk dari berbagai bank. 2) Didalam Peran price dalam pengambilan keputusan mengambil kredit untuk bisnis rumah kos-kosan di lingkungan Karang Mluwo Mangli yang saya teliti dikeempat kosan tersebut merupakan sebagai salah satu faktor pemasaran yang mempengaruhi keputusan nasabah memilih kredit untuk bisnis kos-kosan setelah faktor timing (waktu) atau kebutuhan saat itu. Kata kunci: Price dan Timing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150399 Business and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:27
Last Modified: 07 Mar 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19645

Actions (login required)

View Item View Item