Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai Bahan Ajar Biologi Kelas XI IPA di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019.

Istiqomah, Ely (2019) Analisis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai Bahan Ajar Biologi Kelas XI IPA di SMAN 3 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ely Istiqomah_T20158041.pdf

Download (5MB)

Abstract

Seorang guru setidaknya memiliki kreativitas untuk mampu menyusun bahan ajar yang inovatif, menarik, kontekstual dan sesuai dengan tingkat kebutuhan peserta didik. Dengan kondisi pembelajaran yang menyenangkan secara otomatis dapat memicu terjadinya proses pembelajaran yang efektif. Tentunya yang paham akan hal tersebut ialah guru pada satuan pendidikan yang bersangkutan. Oleh karena itu, ketika bahan ajar disusun sendiri oleh guru, maka proses pembelajaran menjadi menarik bagi peserta didik. Pembelajaran di lembaga sekolah SMAN 3 Jember kelas XI IPA menggunakan LKPD yang disusun sendiri oleh guru biologi kelas XI IPA. Tujuan guru menyusun LKPD ini sebagai pedoman bahan ajar, memudahkan siswa untuk belajar secara mandiri maupun kelompok. Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar biologi kelas XI IPA di SMAN 3 Jember Tahun pelajaran 2018/2019. 2) Bagaimana kesesuaian isi Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar biologi kelas XI IPA dengan kurikulum 2013 di SMAN 3 Jember Tahun pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mendeskripsikan pemanfaatan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar biologi kelas XI IPA di SMAN 3 Jember Tahun pelajaran 2018/2019. 2) Mendeskripsikan kesesuaian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) sebagai bahan ajar biologi kelas XI IPA dengan kurikulum 2013 di SMAN 3 Jember Tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini termasuk kualitatif deskriptif. Pemilihan informan penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data fokus kesatu menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Fokus kedua menggunakan rumus persentase. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) LKPD biologi berfungsi sebagai pedoman bahan ajar guru yang telah digunakan sejak kurikulum 2013. LKPD digunakan oleh siswa untuk belajar mandiri maupun kelompok. LKPD biologi dapat digunakan dengan berbagai macam metode pembelajaran. Pembelajaran menggunakan LKPD sudah bagus walaupun masih ada beberapa siswa yang remidi ketika Penilaian Akhir Semester (PAS). 2) Analisis isi bagian tampilan yang paling baik pada bagian penyajian isi dengan nilai 83,3%. Bagian materi masih terdapat 2 KD yang belum tercantum didalam LKPD yaitu bab sembilan dan bab sepuluh. Bagian kebahasaan rata-rata mendapatkan persentase 80%, akan tetapi perlu diperbaiki karena terdapat kesalahan penulisan. Sedangkan bagian digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id viii soal yang dinilai berdasarkan ranah kognitif/pengetahuan rata-rata mendapatkan nilai 66,6%. Kata kunci: Analisis, LKPD, Bahan Ajar, kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:30
Last Modified: 07 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19649

Actions (login required)

View Item View Item