Aplikasi model pembelajaran Experience, Analysis, and Theory Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jember III Tanggul

Wildanum, Fara Ajeng (2015) Aplikasi model pembelajaran Experience, Analysis, and Theory Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jember III Tanggul. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
FARA AJENG WILDANUM_084 111 309.pdf

Download (2MB)

Abstract

Model pembelajaran Experience, Analysis, and Theory (EAT) sangat membantu dalam rangka untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini karena pada model pembelajaran EAT peserta didik semangat dalam mengikuti pelajaran dikelas dan selalu memperhatikan penjelasan dari guru. Fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana Aplikasi model pembelajaran EAT untuk meningkatkan motivasi belajar pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jember III Tanggul. Sedangkan untuk sub fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Aplikasi model pembelajaran EAT untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik 2) Bagaimana Aplikasi model pembelajaran EAT untuk meningkatkan motivasi instrinsik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jember III Tanggul. Tujuan umum dilakukan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan model pembelajaran EAT untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Tujuan khususnya adalah : 1) mendeskripsikan model pembelajaran EAT untuk meningkatkan motivasi ekstrinsik. 2) Untuk mendeskripsikan model pembelajaran EAT untuk meningkatkan motivasi instrinsik pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jember III Tanggul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Tehnik pengumpulan data skripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tehnik triangulasi sumber dan metode Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi model pembelajaran Experience, Analysis, and Theory Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di MTs Negeri Jember III Tanggul yaitu: (1) sudah dilaksanakan dengan maksimal, hal tersebut terbukti pada meningkatnya motivasi belajar siswa yaitu motivasi ekstrinsik yaitu dengan cara memberi hadiah kepada peserta didik yang dapat menjawab pertanyaan dari guru, memberikan perhatian dan bimbingan kepada peserta didik. (2) sudah dilaksanakan dengan maksimal, dengan meningkatnya motivasi instrinsik yaitu dengan cara mencari sendiri materi pelajaran yang akan di pelajari di sumber materi manapun.pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits, sehingga proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:30
Last Modified: 07 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19651

Actions (login required)

View Item View Item