penanganan kredit bermasalah pada PT. BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember

Rohman, Fatur (2019) penanganan kredit bermasalah pada PT. BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatur Rohman_083143090.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kredit adalah pihak yang memberikan kredit percaya kepada pihak yang menerima kredit, bahwa kredit yang diberikan pasti akan terbayar. Dilain pihak, penerima kredit mendapat kepercayaan dari pihak yang memberi pinjaman. Fokus penelitian ini adalah :1. Bagaimana Prosedur Pemberian kredit pada BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember? 2. Apa saja faktor-faktor penyebab kredit bermasalah pada BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember? 3.Bagaimana penanganan kredit Bermasalah pada BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember? Tujuan penelitian1. Untuk Mengetahui Prosedur Pemberian Kredit Pada BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember 2. Untuk Mengetahui Faktor-Faktor Penyebab Kredit Bermasalah Pada BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember 3 . Untuk Mengetahui Penanganan Kredit Bermasalah Pada BPR Anugerah Dharma Yuwana Kantor Pusat Jember Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sebagai presedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang yang di amati, penelitian ini menggunakan teknik purposive, sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, interview, dan documenter. Selanjutnya untuk melihat keabsahan/ validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Dimulai dengan account Officer mencari calon debitur atau debitur langsung datang ke kantor BPR Anugerah Dharma Yuwana KP Jember untuk mengajukan pinjaman kredit, proses selanjutnya calon debitur melengkapi berkas persyaratan pengajuan kredit yaitu: fotocopy KTP, KK, buku nikah, dan surat benda yang akan dijadikan jamian, setelah dokumen lengkap, menggunakan metode untuk melakukan analisis terhadap calon debitur, analisis yang digunakan BPR Anugerah Dharma Yuwana KP Jember yaitu dengan Analisis 5C 2. Faktor-faktor penyebab kredit bermasalah yaitu faktor eksternal yaitu seperti terjadi bencana alam yang menimpa debitur, adanya musibah kematiaan yang menimpa keluarga debitur, kelalaiaan debitur dalam menjalankan usahanya, internal yang menyebabkan kredit bermasalah di BPR Anugerah Dharma Yuwana KP Jember adalah kelalaiaan atau kurangnya ketelitiaan karyawan BPR Anugerah Dharma Yuwana KP Jember dalam menganalisa kepribadian debitur dan usaha debitur. 3. Penanganan kredit bermasalah dengan penagihan langsung kerumah debitur,surat teguran atau peringatan 1-3 kali, debitur tetap tidak membayar maka dilakukan pemanggilan, apabila debitur hadir saat dilakukan pemanggilan maka pihak BPR Anugerah Dharma Yuwana Jember akan melakukan negoisasi untuk mencari jalan keluar atas permasalahan kewajiban debitur biasanya BPR ADY Jember dalam hal ini memberikan solusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:30
Last Modified: 07 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19655

Actions (login required)

View Item View Item