Penerapan Pembelajaran Learning Community dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V SD Negeri Grenden 02 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016.

Lutfiyah, Hidayatul (2015) Penerapan Pembelajaran Learning Community dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas V SD Negeri Grenden 02 Kecamatan Puger Kabupaten Jember tahun pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HIDAYATUL LUTFIYAH_084 111 236.pdf

Download (429kB)

Abstract

Metode pembelajaran merupakan cara atau suatu kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran, khususnya dalam menyampaikan materi yang disajikan guru agar mudah di serap oleh siswa, dan untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan, serta meningkatkan prestasi belajar siswa. Prestasi belajar siswa sangat penting untuk ditingkatkan, karena suatu pembelajaran dikatakan berhasil apabila prestasi belajar siswa meningkat. Adapun fokus penelitianya sebagai berikut: Bagaimanakah perencanaan pembelajaran learning community dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas V SD Negeri Grenden 02 kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016? Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran learning community dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas V SD Negeri Grenden 02 kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016? Bagaimanakah evaluasi pembelajaran learning community dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas V SD Negeri Grenden 02 kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran learning community dalam meningkatkan prestasi belajar PAI pada siswa kelas V SD Negeri Grenden 02 kecamatan puger kabupaten jember tahun pelajaran 2015/2016. Metode penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach). Penentuan informan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisa datanya menggunakan deskriptif reflektif, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Dari hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan metode tersebut dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Perencanaan pembelajaran learning community dalam meningkatkan prestasi belajar PAI telah dilaksanakan sebelum proses pembelajran dilaksanakan. Perencanaan tersebut terdiri dari menyusun RPP, menyiapkan materi dan merencanakan pemilihan media pembelajaran. Hal tersebut di lakukan dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran yang aktif, efektif, dan efesien. Pelaksanaan pembelajaran learning community dalam meningkatkan prestasi belajar PAI belum sesuai dengan teori karena guru PAI dalam menerapkan pembelajaran learning community tidak mendatamgkan ahli (tokoh masyarakat) sebagai sumber belajar dalam pelaksanaanya. Adapun evaluasi pembelajaran learning community dalam meningkatkan prestasi belajar PAI juga belum sesuai dengan teori digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix karena guru PAI SD Negeri Grenden 02 dalam evaluasinya menggunakan ulangan harian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:30
Last Modified: 07 Mar 2023 07:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19657

Actions (login required)

View Item View Item