Implementasi Metode Card Sort dalam Proses Pembelajaran PAI Siswa SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016

Latifah, Ghorizatul (2015) Implementasi Metode Card Sort dalam Proses Pembelajaran PAI Siswa SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ghorizatul Latifah_084 111 260.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam merupakan pondasi dasar yang bisa mengarahkan siswa menuju cita- cita pendidikan yang termaktub dalam UndangUndang SISDIKNAS. Salah satu cara guru untuk mensukseskan pembelajaran PAI dengan metode. Implementasi Metode Card Sort merupakan salah satu wujud usaha guru untuk mensukseskan proses pembelajaran PAI. Maka dalam hal ini dilakukan penelitian dengan judul Implementasi Metode card sort dalam Proses Pembelajaran PAI siswa SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Penelitian ini terdiri dari dua fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana perencanaan metode card sort dalam pembelajaran PAI di SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016? 2) Bagaimana pelaksanaan metode card sort dalam pembelajaran PAI di SMP Ainul Yaqin tahun pelajaran 2015/ 2016? 3) Bagaimana evaluasi metode card sort dalam pembelajaran PAI di SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan metode card sort dalam pembelajaran PAI di SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode card sort dalam pembelajaran PAI di SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Untuk mendeskripsikan evaluasi metode card sort dalam pembelajaran PAI di SMP Ainul Yaqin Tahun Pelajaran 2015/ 2016. Adapun metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, pengumpulan data dalam pelaksanaan penelitian ini dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam melaksanakan penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil dari penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan implementasi metode card sort dalam proses pembelajaran PAI.1) guru tidak hanya monoton terhadap acuan RPP yang ditentukan tapi guru juga bisa memasukkan metode yang tepat dalam proses pembelajaran. 2) digambarkan dengan inovasi guru yang mampu merubah paradigma bahwa dalam pembelajaran PAI itu guru yang selalu aktif dan mampu merubah siswa menjadi aktif serta bersemangat dalam mengikuti proses pembelajaran. 3) dapat digambarkan dengan adanya evaluasi metode card sort dala pembelajaran guru bukan menjadi partner yang bisa membantu berjalannya evaluasi dengan baik. Dan siswa juga lebih santai dalam mengikuti proses evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19660

Actions (login required)

View Item View Item