Fungsi Reward And Punishment bagi Peningkatan Motivasi Beljar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sukosari Jatiroto Tahun Pelajran 2015-2016.

Salamah, Harirotoes (2015) Fungsi Reward And Punishment bagi Peningkatan Motivasi Beljar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda Sukosari Jatiroto Tahun Pelajran 2015-2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Harirotoes Salamah_084 111 292.pdf

Download (601kB)

Abstract

Keberhasilan dalam pencapaian tujuan pendidikan tergantung pada proses belajar yang dialami siswa, baik ketika ia berada disekolah maupun dilingkungan rumah atau keluarganya, oleh karena itu pemahaman yang benar mengenai belajar sangat diperlukan oleh para pendidik khususnya bagi seorang guru guna untuk dapat membantu serta mendorong dalam setiap proses belajar siswa. Karena tidak dapat kita pungkiri penyimpangan dan ketidak sesuainya yang dilakukan oleh siswa banyak terjadi didalam dunia pendidikan misalnya aktivitas perkelahian antar siswa, terlambat, melalaikan tugas, membolos, berisik dikelas, membantah perintah dan sebagainya. Untuk mengatasi masalah tersebut serta mampu memberi motivasi belajar bagi siswa maka dengan memberikan reward and punishment sebagai salah satu alat pendidikan untuk mempergiat usaha siswa untuk memperbaiki atau mempertinggi prestasi yang telah dicapai. Berangkat dari hal tersebut, penulis memiliki inisiatif untuk melakukan penelitian yang berjudul Fungsi Reward And Punishment bagi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Sukosari Jatiroto Tahun Pelajran 2015-2016. Adapun fokus penelitian yang penulis angkat adalah 1. Bagaimana Fungsi Reward bagi Peningkatan Motivasi Beljar Siswa? 2. Bagaimana Fungsi Punishment bagi Peningkatan Motivasi Belajar Siswa?. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan penelitian kualitatif. Sebagai upaya untuk memperoleh data yang valid, maka dipilih sampel, dan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang dalam teknisnya memilih orang-orang atau informasi yang dianggap paling mengerti dan representative dengan objek yang diteliti. Sedangkan dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis data deskriptif kualitatif. Untuk mengecek keabsahan data peneliti menggunakan tringulasi sumber dan metode. Dengan tujuan untuk mendeskripsikan tentang fungsi reward bagi peningkatan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda. Fungsi punishment bagi peningkatan motivasi belajar siswa MI Nurul Huda Sukosari Jatiroto Lumajang. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa fungsi reward bagi peningkatan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda merupakan sebuah penguatan respon positif terhadap siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda untuk menumbuhkan semangat dan motivasi belajarnya, serta untuk dapat menjadikan siswa untuk lebih serius dan aktif dalam setiap proses pembelajarannya. Sedangkan fungsi punishment bagi peningkatan motivasi belajar siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda merupakan sebuah penguatan respon negatif untuk menciptakan serta menanamkan kedisiplinan terhadap siswa Madrasah Ibtidaiyah Nurul Huda agar dapat belajar dengan baik serta berupaya mengubah tingkah laku maupun sikap siswanya ke arah yang lebih baik sebagai satu pilihan dalam motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19662

Actions (login required)

View Item View Item