Kebijakan Kyai Saiful Haq dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso

Rofi'ah, Hopidatur (2015) Kebijakan Kyai Saiful Haq dalam Sistem Pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hopidatur Rofi’ah_084 103 015.pdf

Download (476kB)

Abstract

Pondok pesantren yang telah lama menjadi tumpuan pendidikan masyarakat “Religius” tidak boleh mengabaikan tuntutan perubahan tersebut. Meski filosofi dasarnya “tetap” dipegang teguh yaitu mendidik kemandiriannya masyarakat berdasarkan keyakinan kegamaan, namun dengan adanya perubahan dalam era global tesebut perlu dilakukan penyesuaian-penyesuaian terutama dalam manajemennya, agar keberadaan pondok pesantren yang terbukti “tahan banting” ini tetap eksis dan tidak terhimpit oleh keberadaannya lembaga pendidikan lainnya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kebijakan Kyai Saiful Haq dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso? dan (2) Bagaimana kebijakan Kyai Saiful Haq dalam pelaksanaan metode pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso? Tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Untuk mendeskripsikan kebijakan Kyai Saiful Haq dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso dan (2) Untuk mendeskripsikan kebijakan Kyai Saiful Haq dalam pelaksanaan metode pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan mengambil jenis deskriptif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) Observasi, b) Interview dan c) Dokumenter. Sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif reflektifnya Miles dan Huberman yaitu yaitu: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Kesimpulan dari skripsi ini berdasarkan hasil analisis dari temuan di lapangan bahwa (1) Bahwa kebijakan Kyai Saiful Haq dalam pelaksanaan kurikulum pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso, meliputi pengembangan kurikulum pendidikan pesantren, penyempurnaan materi dasar ke-Islaman dan penambahan materi dasar dengan mengkombinasikan pengetahuan-pengetahuan ilmu pengetahuan umum (2) Bahwa kebijakan Kyai Saiful Haq dalam pelaksanaan metode pendidikan di Pondok Pesantren Ra’iyatul Husnan Wringin Bondowoso yaitu dengan penggabungan antara metode murni pondok pesantren dengan metode pendidikan formal, misalnya menggabungkan antara metode sorogan dengan metode tanya jawab

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19665

Actions (login required)

View Item View Item