Swandika, Indra (2019) Pembelajaran Literasi Membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Indra Swandika_084 141 448.pdf Download (14MB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, karena Al-Qur’an merupakan wahana untuk meningkatkan dan membangun kualitas sumber daya manusia dalam beragama. Begitu juga dalam pembelajaran Al-Qur’an yang disertai dengan baca tulis Qur’an. Anak-anak dapat membaca Al-Qur’an dengan benar . Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran literasi membaca Al-Qur’an di SMKN5 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran literasi membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran litersi membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendiskripsikan perencanaan pembelajaran literasi membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran literasi membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember. 3) Untuk mendiskripsikan evalusi pembelajaran literasi membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik penentuan informan atau subyek penelitian purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan obseravasi nonpartisipan, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model intraktif Mille dan Huberman dengan langkah-langkah sebagai berikut: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan Pembelajaran Literasi Membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 melipti pembentukan kelompok jurusan, menentukan jadwal piket harian tiap jurusan, menentukan metode pembelajaran, dan menentukan sumber belajar. Materi literasi terdiri dari materi pokok yaitu Al-Qur’an dan materi tambahan tajwid, ghorib. Alokasi Waktu untuk pembelajaran literasi membaca Al-Qur’an dilakukan setiap hari di Musolla SMKN 5 Jember. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Literasi Membaca Al-Qur’an di SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 berpedoman pada Al-Qur’an dan buku tajwid Pelaksanaan urutan kegiatan pembelajaran secara umum yang dilakukan pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yaitu Guru membacakan surat yang akan di baca, terlebih dahulu kemudian diikuti oleh siswa . 3) Evaluasi Pembelajaran Literasi Membaca AlQur’an di SMKN 5 Jember Tahun Pelajran 2018/2019. Dilaksanak dengan menyuruh siswa membaca Al-Qur’an secara bergantian dan guru menilai ketepatan bacaannya sesuai dengan ilmu tajwid.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 07:31 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 07:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19666 |
Actions (login required)
View Item |