Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember

Nurwaidah, Ilvi Aidya (2019) Pengaruh Kualitas Layanan Internet Banking terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilvi Aidya Nurwaidah_083 143 049.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh Perkembangan teknologi internet diadopsi oleh insdustri perkembagan untuk meningkatkan pelayanan, peluang juga digunakan oleh bank yang ada di Indonesia, baik bank konvensional maupun bank syariah. Hal ini dikarenakan media internet merupakan suatu inovasi yang cukup memberikan peluang dan menantang dalam perkembangannya. Perkembangan pelayanan yang dilakukan perbankan berbasis teknologi dalam bentuk internet banking saat ini menjadi perhatian utama dan senjata yang revolusioner strategis operasional bank untuk menyampaikan maupun untuk persaingan antar bank. Rumusan masalah dan penelitian ini yaitu : Apakah kualitas layanan internet banking berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi di PT Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember? Tujuan penelitian secara umum ialah untuk menemukan, mengembangkan, maupun koreksi atau menguji kebenaran ilmu pengetahuan yang ada. Data yang diperoleh dari penelitian ini menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan metodanalisis, uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi sederhana. Dapat disimpulkan bahwa, terdapat signifikan antara kualitas layanan Internet Banking terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Berdasarkan niat hitung pada variabel X adalah 1,807 dan t tabel adalah 1,661 maka t hitung > t tabel atau 1,807 > 1,661 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil dari nilai R = 0,180 dan koefisien Determinasi (R Squere) sebesar 0,032, koefisien determinasi menunjuk kanpengaruh antara variabel X dan Y yang diperoleh 0,032, jika dapat dikatakan bahwa kontribusi dari variabel X yaitu kualitas layanan internet banking terhadap variabel Y yaitu kepuasan nasabah adalah 3,2%. Hal ini menunjukkan tingkat pengaruh. Berdasarkan analisis dan interprestasi diatas dapat disimpulkan bahwa kualitas layanan internet banking berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dalam bertransaksi di Bank Syariah Mandiri Kantor Area Jember. Kata Kunci : Kualitas Layanan Internet Banking dan Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19671

Actions (login required)

View Item View Item