Analisis Risiko Pembiayaan Arrum BPKB di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah Jember.

Laili, Inarotu (2019) Analisis Risiko Pembiayaan Arrum BPKB di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang (KC) Syariah Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Inarotu Laili_083143178.pdf

Download (3MB)

Abstract

Arrum BPKB (Ar-Rahn untuk Usaha Mikro) merupakan produk pembiayaan produktif yang ditujukan untuk pengusaha mikro sebagai modal untuk mengembangkan usaha. Jaminan yang digunakan bisa berupa sepeda motor maupun mobil. Risiko adalah akibat yang kurang menyenangkan (merugikan, membahayakan) dari suatu perbuatan atau tindakan. Manajemen risiko dapat diartikan sebagai usaha seorang manajer untuk mengatasi kerugian secara rasional agar tujuan yang diinginkan dapat tercapai secara efektif dan efisien. Dari bertambahnya nasabah disetiap tahunnya, risiko yang terjadi hanya sebesar 1%, yaitu nasabah yang pinjamannya di atas 20 juta rupiah. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana praktik risiko yang terjadi di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Jember. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana mekanisme pembiayaan Arrum BPKB di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Jember? 2 ) Bagaimana praktik risiko pembiayaan Arrum BPKB di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Jember? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan mekanisme pembiayaan Arrum BPKB di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Jember. 2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan praktik risiko pembiayaan Arrum BPKB di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Dalam pengajuan permohonan pembiayaan harus menyertakan identitas diri dan kartu keluarga, BPKB asli, fotocopy STNK, serta melampirkan surat keterangan usaha. Setelah kelengkapan persyaratan maka akan melalui proses survei oleh tim mikro dengan melihat dari 2 (dua) aspek yaitu usaha dan barang jaminan, juga berpedoman analisis pembiayaan 5C (Character, Capacity, Capital, Collateral, Condition of economy). Setelah semua proses selesai, dana pinjaman dapat dicairkan di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Jember. 2) Risiko pembiayaan Arrum BPKB di PT. Pegadaian (Persero) Kantor Cabang Syariah Jember yaitu risiko kredit macet dan risiko barang jaminan hilang atau sebab lainnya. Upaya yang dilakukan untuk mengendalikan dan mengelola risiko tersebut adalah dengan mengsuransikan barang jaminan, melakukan penagihan secara intensif kepada nasabah bermasalah, rescheduling, reconditioning, restructuring (sesuai keinginan nasabah) dan penyitaan jaminan. Kata kunci: Risiko, Arrum BPKB.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 07:31
Last Modified: 07 Mar 2023 07:31
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19672

Actions (login required)

View Item View Item