Implementasi Nilai-Nilai Syariah Dalam Pengelolaan Corporate Social Responsibility Pada Pegadaian Syariah Cabang Jember.

Delia, Iranata Iga (2019) Implementasi Nilai-Nilai Syariah Dalam Pengelolaan Corporate Social Responsibility Pada Pegadaian Syariah Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iranata Iga Delia_083143237.pdf

Download (3MB)

Abstract

Corporate Social Responsibility (CSR) adalah tanggung jawab moral suatu perusahaan terhadap para stakeholder terutama komunitas atau masyarakat disekitar wilayah kerja dan operasinya. Pegadaian Syariah adalah lembaga yang menaungi kegiatan gadai syariah (Rahn) yang melaksanakan kegiatan CSR atau tanggung jawab sosial. Dimana pegadaian syariah dalam melaksanakan kegiatan CSR sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana pengelolaan CSR pada Pegadaian Syariah Cabang Jember? 2) Bagaimana implementasi nilai syariah dalam pengelolaan CSR pada pada Pegadaian Syariah Cabang Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendiskripsikan pengelolaan CSR pada Pegadaian Syariah Cabang Jember. 2) Untuk mendiskripsikan implementasi nilai syariah dalam pengelolaan CSR pada Pegadaian Syariah Cabang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang jenisnya deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Nilai-Nilai Syariah Dalam Pengelolaan Corporate Social Responsibility Pada Pegadaian Syariah Cabang Jember yaitu 1) Pengelolaan CSR pada Pegadaian Syariah berbentuk community development berupa program bina lingkungan. Tidak dituju untuk memberikan bantuan pada pengembangan usaha perorangan. Dimana dana untuk di selenggarakan CSR tersebut berasal dari denda keterlambatan, uang hasil lelang nasabah. Dari dana yang terkumpul tadi disisihkan dalam jangka 1 tahun. Dimana dalam menyelenggarakan CSR Pegadaian Syariah menyelenggarakan sendiri kegiatan sosialnya. Dalam penyalurannya diberikan pada mereka yang mengajukan bantuan berupa proposal pada Pegadaian Syariah. 2) Dan pelaksanaan nilai-nilai syariah dalam pengelolaan CSR di Pegadaian Syariah Cabang Jember menerapkan prinsip amanah, prinsip kejujuran, prinsip keadilan dan mendorong ukhuwah antar sesama pelaku ekonomi yaitu dengan memberi bantuan pada pihak yang mengajukan proposal terlebih dahulu yang diajukan oleh pihak pemohon, yang nantinya akan di survei oleh pihak Pegadaian Syariah lalu dianalisa untuk disetujui tidaknya. Jadi hal tersebut dapat disimpulkan bahwa nilai keadilan sangat diterapkan dalam penyaluran CSR di Pegadaian Syariah. Kata Kunci : Nilai-Nilai Syariah, Pengelolaan, Corporate Social Responsibility

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:52
Last Modified: 07 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19679

Actions (login required)

View Item View Item