Implementasi Permainan Edukatif Dalam Upaya Pengembangan Multiple Intelligences Pada Anak Prasekolah di Taman KanakKanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal III Jember Tahun Ajaran 2014/2015.

Islamiah, Irfa Umaroh (2015) Implementasi Permainan Edukatif Dalam Upaya Pengembangan Multiple Intelligences Pada Anak Prasekolah di Taman KanakKanak ‘Aisyiyah Bustanul Athfal III Jember Tahun Ajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Irfa Umaroh Islamiah_084 111 110.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu fase yang penting dalam proses pendidikan adalah pada masa anak-anak. Dunia anak adalah dunia bermain, dalam kehidupan anak-anak sebagian besar waktunya dihabiskan dengan aktivitas bermain. Bermain bagi seorang anak tidak sekedar mengisi waktu, tetapi media bagi anak untuk belajar. Maka dari itu anak perlu diberi fasilitas permainan edukatif. Sebab, permainan edukatif merupakan sebuah bentuk kegiatan mendidik yang dilakukan dengan menggunakan cara atau alat permainan yang bersifat mendidik. Dengan permainan edukatif anak tidak hanya mendapat kesenangan bermain saja, namun juga dapat membantu perkembangannya, salah satunya mengembangkan kecerdasan majemuk yang dimilikinya. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana implementasi permainan edukatif dalam upaya pengembangan kecerdasan matematika-logika pada anak prasekolah di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal III Jember? 2) Bagaimana implementasi permainan edukatif dalam upaya pengembangan kecerdasan bahasa pada anak prasekolah di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal III Jember? 3) Bagaimana implementasi permainan edukatif dalam upaya pengembangan kecerdasan spiritual pada anak prasekolah di TK „Aisyiyah Bustanul Athfal III Jember? Metode yang digunakan dalam penetian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian, menggunakan tekhnik purposive sampling. Tekhnik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode/tekhnik Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Implementasi permainan edukatif dalam upaya pengembangan kecerdasan logis matematis dilakukan di sentra balok dan persiapan dengan disediakannya beraneka ragam permainan puzzle, lego, balok kayu, dakon, dan flashcard; 2) Implementasi permainan edukatif dalam upaya pengembangan kecerdasan bahasa sangat beraneka ragam dan dapat membantu perkembangan bahasa anak. Permainan edukatif yang digunakan seperti bercerita, bermain tebak-tebakan, bermain bisik-bisikan, bermain boneka, dan juga bermain peran; 3) Implementasi permainan edukatif dalam upaya pengembangan kecerdasan spiritual benar-benar ekstra dilakukan, karena TK ini nuansa Islaminya sangat kental. Anak-anak diajak untuk mengaji, mengafal surat pendek, do‟a harian, dan hadits-hadits. Selain itu anak di ajak untuk bercerita tentang kisah Rosul, bertadabur alam, dan solat duha berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19682

Actions (login required)

View Item View Item