Motivasi Mahasiswa Jalur Bidikmisi Angkatan 2012/2013 dalam Meningkatkan Prestasi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Muflikhah, Naimatul (2015) Motivasi Mahasiswa Jalur Bidikmisi Angkatan 2012/2013 dalam Meningkatkan Prestasi di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naimatul Muflikhah_ 084 111 211.pdf

Download (648kB)

Abstract

Kata kunci: Motivasi, Mahasiswa, Prestasi Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat. Pendidikan untuk generasi muda sangat menentukan bagi masa depan bangsa. Namun kenyataanya kualitas pendidikan sangat rendah, terutama pendidikan yang ada di Indonesia. Tidak meratanya pendidikan yang ada di Negara ini juga mengakibatkan kualitas masyarakat Indonesia tertinggal dibandingkan dengan negara lain. Sedangkan untuk menyelenggarkan pendidikan yang bermutu di perlukan biaya yang cukup besar. Oleh karena itu setiap peserta didik pada satuan pendidikan berhak mendapatkan bantuan biaya pendidikan bagi mereka yang memiliki potensi akademik baik dan tidak mampu secara ekonomi serta berhak mendapatkan beasiswa bagi mereka yang berprestasi. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana motivasi intrinsik mahasiswa jalur bidikmisi angkatan 2012/2013 dalam meningkatkan prestasi di IAIN Jember. 2). Bagaimana motivasi ekstrinsik mahasiswa jalur bidikmisi angkatan 2012/2013 dalam meningkatkan prestasi di IAIN Jember. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan motivasi intrinsik mahasiswa jalur bidikmisi angkatan 2012/2013 dalam meningkatkan prestasi di IAIN Jember. 2) Untuk mendeskripsikan motivasi ekstrinsik mahasiswa jalur bidikmisi angkatan 2012/2013 dalam meningkatkan prestasi di IAIN Jember. Sedangkan pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif deskripstif dengan jenis penelitian field research. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumenter. Subyek penelitian adalah mahasiswa jalur bidikmisi angkatan 2012 di IAIN Jember dan subbag akademik dan kemahasiswaan. Analisis data menggunakan data reduction, data display dan conclusing drawing. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: bahwasannya mahasiswa bidikmisi dalam meningkatkan prestasinya karena termotivasi dari beberapa hal yaitu motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik. Yang mana motivasi intrinsik meliputi cita-cita yang mereka miliki mendorong mereka untuk selalu bersemangat dalam berlomba-lomba meningkatkan prestasinya, selain cita-cita ada juga bakat dibidang tertentu sehingga memudahkan mereka untuk meraih suatu cita-cita yang mereka inginkan. Sedangkan motivasi ekstrinsik meliputi orang tua, hadiah dan lingkungan. Orang tua sangat berperan bagi mahasiswa bidikmisi dalam meningkatkan prestasinya, orang tua yang selalu memberikan semangat bagi mereka untuk meningkatkan prestasi, akan mendorong mereka untuk meningkatkan prestasinya. Beasiswa yang diperoleh mereka juga menjadi pemicu semangat mereka untuk meningkatkan prestasinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19683

Actions (login required)

View Item View Item