Analisis Manajemen Risiko Kredit Dalam Mengendalikan Kredit Bermasalah Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana (BPR ADY) Jember.

Sholeh, Ismail (2019) Analisis Manajemen Risiko Kredit Dalam Mengendalikan Kredit Bermasalah Pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana (BPR ADY) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ismail Sholeh_083 143 128.pdf

Download (4MB)

Abstract

Bank Perkreditan Rakyat ( BPR ) adalah salah satu jenis bank yang dikenal melayani golongan pengusaha mikro, kecil dan menengah. Dalam melaksanakan usahanya BPR berasaskan demokrasi ekonomi dengan menggunakan prinsip kehati-hatian. BPR fungsinya yaitu menghimpun dana dari masyarakat yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat. Pengertian kredit sendiri berasal dari bahasa latin, yaitu “credere” yang artinya percaya. Risiko kredit sendiri memiliki arti bentuk ketidakmampuan suatu perusahaan, instansi, lembaga maupun pribadi dalam menyelesaikan kewajiban-kewajibannya secara tepat waktu baik pada saat jatuh tempo maupun sesudah jatuh tempo. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan manajemen risiko kredit dalam mengendalikan kredit bermasalah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana (BPR ADY) Jember, 2) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kredit bermasalah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana (BPR ADY) Jember. Tujuan dari penelitian ini adalah:, 1) Untuk mengetahui bagaimana manajemen risiko kredit dalam mengendalikan kredit bermasalah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana (BPR ADY) Jember, 2) Untuk mengetahui Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan kredit bermasalah pada PT. Bank Perkreditan Rakyat Anugerah Dharma Yuwana (BPR ADY) Jember. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di BPR ADY Jember. Data diperoleh melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisa menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) manajemen risiko kredit dalam mengendalikan kredit bermasalah sudah dilakukan oleh BPR ADY Jember. Akan tetapi tidak semua teori yang ada dalam literasi dipakai. Seperti model pemeringkatan pinjaman perorangan, agunan, ini sudah diterapkan. Manajemen portofolio dan pemantauan aliran dana tidak dilakukan dikarenakan dilindungi undang-undang tentang kerahasiaan bank. 2) faktor-faktor yang menjadi penyebab adanya kredit bermasalah di BPR ADY Jember terbagi menjadi dua garis besar, yaitu faktor internal bank dan faktor eksternal bank. Untuk faktor internal bank sendiri berupa kinerja karyawan yang kurang maksimal dan pengawasan yang kurang ketat, kemudian untuk faktor eksternal adalah karena bencana alam, menurunnya usaha nasabah dan juga faktor kebijakan pemerintah. Kata Kunci: Manajemen risiko kredit, kredit macet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services > 159999 Commerce, Management, Tourism and Services not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19684

Actions (login required)

View Item View Item