PERAN Guru Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Dengan Metode Ummi Di Smp Al-Furqan

Aripin, Jainul (2015) PERAN Guru Pendidikan Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al- Qur’an Dengan Metode Ummi Di Smp Al-Furqan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jainul Aripin_084 111 157.pdf

Download (1MB)

Abstract

Guru al-qur’an adalah merupakan satu komponen dari proses belajar dan pembelajaran al-qur’an di kelas, guru merupakan central dari pada ilmu pengetahuan setalah buku pelajaran yang ada di kelas,di samping itu guru juga di tuntut agar dapat memberikan suri tauladan yang baik kepada peserta didiknya. Mengingat pentingnya peran guru dalam mendidik peserta didiknya sehingga guru harus memiliki kompetensi. Fokus masalah yang di teliti pada skripsi ini adalah Bagaimana PERAN Guru Pendidikan Al-Qur'an dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an dengan Metode Ummi di SMP Al-Furqan Jember. Pertama Bagaimana kompetensi guru pendidikan al-qur'an dengan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an pada siswa kelas VII?. Kedua Bagaimana penerapan kompetensi guru pendidikan alqur'an dengan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-qur'an pada siswa kelas VII ? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mendeskripsikan berapabesar kompetensi guru pendidikan al-qur’andalam meningkatkan kemampuan membaca alqur'andenganmetodeummi.Untukmendeskripsikanpenerapankompetensi guru pendidikan al-qur’andalammeningkatkan kemampuan membaca alqur'andenganmetodeummi Pendekatan yang di gunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif, penentuan sumber data dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling,untuk mendapatkan data yang memadai,peneliti menggunakan pengumpulan data berupa observasi,interview dan dokumentasi.untuk menguji ke validnya data menggunakan triangulasi sumber.data yang kemudian di analisa menggunakan metode analisa metode deskriptif kualitatif ialah data yang di kumpulkan dari beberapa kata – kata.atau gambar. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa urgensi perang guru pendidikan al-qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca alqur’an dengan kompetensi dan penerapannya yang di miliki oleh guruguru al-qur’an sangat efektif.kompetensi guru al-qur’an meliputi.1 bisa baca tulis al-qur’an dengan baik.2 menguasai ilmu tajwid dan ilmu gharib.3 menguasai metode ummi dari jilid 1-7.penerapannya dalam pembelajaran metode ummi peserta didik di bagi beberapa kelompok yang masing-masing kelompok berisi 5-7 peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19686

Actions (login required)

View Item View Item