Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015

Fitriyah, Jumaatul (2015) Pengaruh Kompetensi Guru PAI Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Jumaatul Fitriyah_084 101 001.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kompetensi guru merupakan daya yang ada pada kemampuan dan kewenangan pendidik dalam melaksanakan profesi keguruannya. Akan tetapi guru profesional bukan hanya untuk satu kompetensi saja, tetapi guru profesional semestinya meliputi semua kompetensi yang sudah menjadi ketentuan yang berlaku dalam dunia pendidikan. Agar bisa menciptakan pemberlajaran yang efektif dan tepat sasaran sehingga dapat termotivasi siswa untuk lebih meningkatkan terhadap aktivitas belajarnya. Penelitian ini mengungkapkan tentang pengaruh kompetensi guru PAI terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2014/2015. Pokok masalah (1) Adakah pengaruh Kompetensi guru PAI terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan? Sub pokok masalah sebagai berikut: (1) Adakah pengaruh Kompetensi Pedagogik terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan? (2) Adakah pengaruh Kompetensi Kepribadian terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan? (3) Adakah pengaruh Kompetensi Sosial terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan? (4) Adakah pengaruh Kompetensi Profesional terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan? Tujuan Umum penelitian mengkaji Pengaruh Kompetensi Guru PAI terhadap aktifitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Bondowoso Tahun Pelajaran 2014-2015. Dengan Tujuan Khusus (1) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi Kompetensi pedagogik terhadap aktifitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso, (2) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi Kompetensi kepribadian terhadap aktifitas belajar siswa di SMKN 1 Grujugan Bondowoso, (3) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi Kompetensi sosial terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso, (4) Untuk mengetahui dan mengidentifikasi Kompetensi profesional terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan Bondowoso. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian field research. Teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Analisa data menggunakan product moment dengan rumus rxy = ∑ √(∑ )(∑ ) Hasil penelitian secara umum dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif yang agak rendah kompetensi guru PAI terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan. Hal ini berdasarkan rhitung yang diperoleh = 0,510 sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dan db=83 sebesar 0,217 jadi rhitung > rtabel. Secara khusus kesimpulan dari hasil analisa menunjukkan bahwa 1) Ada pengaruh positif yang rendah kompetensi paedagogik guru PAI terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan. Hal ini berdasarkan rhitung yang diperoleh = 0,306 sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dan db=83 sebesar 0,217 jadi rhitung > rtabel. 2) ada pengaruh positif yang rendah kompetensi kepribadian guru PAI terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan. Hal ini berdasarkan rhitung yang diperoleh = 0,373 sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dan db=83 sebesar 0,217 jadi rhitung > rtabel. 3) ada pengaruh positif yang rendah kompetensi sosial guru PAI terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan. Hal ini berdasarkan rhitung yang diperoleh = 0,232 sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dan db=83 sebesar 0,217 jadi rhitung > rtabel. 4) ada pengaruh positif yang agak rendah kompetensi profesional guru PAI terhadap aktivitas belajar siswa di SMK Negeri 1 Grujugan. Hal ini berdasarkan rhitung yang diperoleh = 0,514 sedangkan rtabel pada taraf signifikasi 5% dan db=83 sebesar 0,217 jadi rhitung > rtabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19688

Actions (login required)

View Item View Item