Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Semester Genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014.

Aini, Nur (2015) Implementasi Pembelajaran Kooperatif dengan Metode Jigsaw dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Semester Genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Aini_084 101 248.pdf

Download (1MB)

Abstract

Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 adalah salah satu madrasah yang maju dari segi kualitas dan kuantitas siswanya. Lembaga pendidikan tersebut selalu berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya. Setiap guru di lembaga tersebut dituntun untuk selalu berinovasi di dalam kegiatan pembelajaran termasuk di dalamnya adalah memilih strategi pembelajaran yang mampu menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif serta dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus penelitian skripsi ini adalah : a. Bagaimana implementasi perencanaan pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak semester genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 tahun pelajaran 2013/2014 ?, b. Bagaimana implementasi pelaksanaan pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi beljar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak semester genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1?, c. Bagaimana implementasi evaluasi pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah akhlak semester genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1?. Tujuan penelitian terdiri dari : 1) Untuk mendeskripsikan Implementasi perencanaan pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak semester genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 2013/2014, 2) Untuk mendeskripsikan implementasi pelaksanaan pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak semester genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1 Tahun Pelajaran 3013/2014, 3) Untuk mendeskripsikan implementasi evaluasi pembelajaran kooperatif dengan metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak semester genap di Madrasah Tsanawiyah Negeri Jember 1. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah melalui pendekatan deskriptif kualitatif, sedangkan lokasi yang dipilih adalah MTsN Jember 1, yang menjadi sumber data adalah guru Aqidah Akhlak dan peserta didik, dan metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini adalah: pertama, pada tahap perencanaan pembelajaran kooperatif metode jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak, guru menyiapkan perangkat pembelajaran, kedua, pelaksanaan metode pembelajaran jigsaw pada mata pelajaran Aqidah Akhlak berjalan dengan efektif dan siswa sangat antusias mengikuti proses pembelajaran, dan yang terakhir atau pada tahap evaluasi guru mengadakan evaluasi dengan cara memberikan kuis terhadap kelompok dan individu dan hasilnya juga memuaskan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19689

Actions (login required)

View Item View Item