Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita di SMPLB BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember Tahun pelajaran 2014/2015

Ijazah, Khilyatul (2015) Implementasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Bagi Anak Tunagrahita di SMPLB BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember Tahun pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khilyatul Ajizah_084 111 244.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata kunci: Media Pembelajaran, Anak Tunagrahita Setiap manusia pada dasarnya berhak mendapatkan pendidikan, khususnya pendidikan agama. Hal ini disebabkan karena manusia dikaruniai potensi fitrah yang harus di jaga, dan dikembangkan secara optimal. Demikian juga bagi anak yang kurang sempurna seperti penyandang tunagrahita. Pendidikan untuk anakanak cacat tidak sama dengan pendidikan anak normal, mereka telah disediakan pendidikan khusus yang disesuaikan dengan kondisi mereka. Demikian pula dalam proses belajar mengajar tidak lepas dari media pembelajaran sebagai alat bantu mengajar anak tunagrahita. Fokus penelitian adalah 1)Bagaimana pemanfaatan media berbasis manusia pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLBBCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember?,2)Bagaimana pemanfaatan media berbasis cetakan pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates?,3)Bagaimana pemanfaatan media berbasis visual pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember?,4)Bagaimana pemanfaatan media berbasis audio visual pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember. Tujuan penelitian pada skripsi ini adalah1)Untuk mendiskripsikan pemanfaatan media berbasis manusia pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember.2)Untuk mendiskripsika pemanfaatan media berbasis cetakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember.3)Untuk mendiskripsikan pemanfaatan media berbasis visual pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember.4)Untuk mendiskripsikan pemanfaatan media berbasis audio visual pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi anak tunagrahita di SMPLB-BCD Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Kaliwates Jember. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, interview dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah kepala SMPLB BCD, guru PAI SMPLB BCD, orangtua siswa tunagrahita SMPLB BCD Kaliwates Jember. Analisis data menggunakan data reduction, data display dan conclusing drawing. Untuk menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi media pembelajaran pendidikan agama Islam bagi anak tunagrahita pada dasarnya sama dengan media pembelajaran di sekolah pada umumnya, namun lebih sedikit penggunaannya. Hal ini dikarenakan kemampuan intelektual anak tunagrahita yang di bawah rata-rata anak normal sehingga belajarnya dengan di ulang-ulang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:50
Last Modified: 07 Mar 2023 08:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19690

Actions (login required)

View Item View Item