Analisis Pengaruh Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Dana Pihak Ketiga (DPK), dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia Pada Periode 2008-2017.

Fauziyah, Laili (2019) Analisis Pengaruh Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Dana Pihak Ketiga (DPK), dan Non Performing Financing (NPF) Terhadap Pembiayaan Perbankan Syariah di Indonesia Pada Periode 2008-2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laili Fauziyah_E20151107.pdf

Download (28MB)

Abstract

Meningkatnya jumlah Pembiayaan yang diberikan, menggambarkan perkembangan perbankan syariah di Indonesia. Di lihat dari Statistik Perbankan Syariah, jumlah Dana Pihak Ketiga juga mengalami peningkatan. Selain itu jumlah pembiayaan bermasalah yang juga mengalami peningkatan. Dan jumlah Sertifikat Bank Indonesia yang flutuasi dalam 10 tahun terakhir. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara SBIS terhadap pembiayaan? 2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara DPK terhadap pembiayaan? 3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara NPF terhadap pembiayaan? 4) Apakah ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara SBIS, DPK dan NPF terhadap pembiayaan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara SBIS terhadap pembiayaan. 2) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara DPK terhadap pembiayaan. 3) Apakah ada pengaruh yang signifikan antara NPF terhadap pembiayaan. 4) Apakah ada pengaruh yang signifikan secara simultan antara SBIS, DPK dan NPF terhadap pembiayaan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis kuantitatif yang bersifat asosiatif menggunakan model regresi linier berganda. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh dari data sekunder yaitu statistik perbankan syariah yang diterbitkan oleh BI dan OJK. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Terdapat pengaruh yang tidak signifikan antara SBIS terhadap pembiayaan. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan antara DPK terhadap pembiayaan. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara NPF terhadap pembiayaan. 4) Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan antara SBIS, DPK dan NPF terhadap pembiayaan. Kata Kunci : Sertifikat Bank Indonesia Syariah (SBIS), Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150203 Financial Institutions (incl. Banking)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19692

Actions (login required)

View Item View Item