Upaya Orang Tua Dalam Proses Pendidikan Kepribadian Anak Di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015.

Hasanah, Latifatul (2015) Upaya Orang Tua Dalam Proses Pendidikan Kepribadian Anak Di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Latifatul Hasanah_084 111 304.pdf

Download (3MB)

Abstract

Islam adalah agama yang menempatkan pendidikan dalam posisi yang sangat vital. Oleh sebab itu pendidikan yang Islam sangat dibutuhkan hubungan antara orang tua dan anak memberikan suatu gambaran tentang perilaku dan sikap orang tua dan anak dalam berinteraksi, berkomunikasi dalam kehidupan seharihari, karena anak sebelum dididik melalui bangku sekolah dan dididik oleh masyarakat. Di dalamnya perintah yang ditujukan bagi para pendidik untuk memikul tanggung jawab dan memberikan peringatan jika mereka meremehkan kewajiban-kewajiban mereka, semua ini dimaksudkan agar setiap pendidik mengetahui betapa besarnya amanat dan tanggung jawab dalam mendidik dan membimbing anak. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1). Bagaimana upaya yang dilakukan orang tua dalam proses pendidikan kepribadian anak di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015?. 2). Apa saja hambatan yang dihadapi orang tua dalam proses pendidikan kepribadian anak di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015? Tujuan dalam penelitian ini adalah 1). Untuk mendeskripsikan upaya yang digunakan orang tua dalam proses pendidikan kepribadian anak di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015?. 2). Untuk mendeskripsikan apa saja hambatan yang dihadapi orang tua dalam proses pendidikan kepribadian anak di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode yaitu, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif interaktif Menurut Miles dan Huberman, yaitu data reduction, data display, data conclusion. Keabsahan: trianggulasi sumber dan metode. Penelitian ini mempunyai kesimpulan 1) Upaya orang tua dalam proses pendidikan kepribadian anak di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015. sudah baik dengan usaha-usaha yang dilakukan oleh para orang tua seperti halnya usaha dilakukan dari mulai sebelum menikah dengan pemilihan jodoh, dalam kandungan mendoakannya, tradisi telon-telon dan pitonpiton anak, masih kanak-kanak hingga remaja mengarahkan kepesantren, mengawasi, membeimbing semua dijadikan sebagai bahan pembelajaran bagi orang tua untuk berbenah diri menjadi orang tua yang baik bagi anak. 2) Hambatan orang tua dalam proses pendidikan kepribadian anak di Desa Pokaan Kecamatan Kapongan Kabupaten Situbondo Tahun 2015. Dijaman modern saat ini banyak sekali hambatan yang menjadi kendala orang tua. Terutama lingkungan sangat mempengaruhi akhlak anak pada orang tua maupun dirinya sendiri, mengingat tanggung jawab sebagai orang tua maka, Kepala Desa Pokaan membuat kegiatan-kegiatan yang dapat bermanfaat bagi orang tua dan anak. Agar masalah yang dihadapi para orang tua khususnya dalam mendidik anak dapat terpecahkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19695

Actions (login required)

View Item View Item