Penerapan Metode Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Anak di Raudhatul Athfal Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Rosidah, Linda (2015) Penerapan Metode Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam Menanamkan Nilai-Nilai Keagamaan Anak di Raudhatul Athfal Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Linda Rosidah _084 111 328.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan titipan orang tua dari Allah dan dilahirkan dalam keadaan suci, maka orang tualah yang berperan selanjutnya. Anak adalah seseorang yang menjadi dewasa, tiap anak membutuhkan hal-hal tertentu dan mempunyai potensi untuk anak tersebut akan mengalami masalah-masalah tertentu. Dunia anak adalah dunia bermain. Bermain adalah kegiatan yang sangat penting untuk pertumbuhan anak dan dapat membantu mengembangkan kematangan mental yang dimiliki anak usia dini. Bermain adalah merupakan kegiatan yang dapat menimbulkan kesenangan bagi anak dan bermain dilakukan anak suka rela tanpa paksaan atau tekanan dari pihak luar, anak mendapatkan kebahagian dan gembira melalui kegiatan bermain. Fokus masalah yang dikaji dalam skripsi ini yaitu: 1) Bagaimana Penerapan pembelajaran BCM dalam menanakan nila-nilai Akidah anak di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan panti Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) Bagaimana Penerapan pembelajaran BCM dalam menanakan nila-nilai Syari’ah anak di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan panti Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) Bagaimana Penerapan pembelajaran BCM dalam menanakan nilanilai Akhlak anak di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan panti Tahun Pelajaran 2015/2016?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan pembelajaran BCM dalam menanakan nila-nilai Akidah anak di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan panti Tahun Pelajaran 2015/2016. 2) Untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan pembelajaran BCM dalam menanakan nila-nilai Syari’ah anak di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan panti Tahun Pelajaran 2015/2016. 3) Untuk mendeskripsikan bagaimana Penerapan pembelajaran BCM dalam menanakan nila-nilai Akhlak anak di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan panti Tahun Pelajaran 2015/2016. Pedekatan yang digunakan oleh penelitian adalah pendekatan penelitian menggunakan pedekatan kualitatif dekskriptif. Penentuan populasi menggunakan tyeknik purposive sapling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, interview/ wawancara, dokumentasi. Metode analis data dengan menggunakan dekskriptif kualitatif. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Dari kajian teoritik yang dilanjutkan dengan kenyataan dilapangan, maka dapat disimpulkan adalah 1) metode BMC telah memberikan peranan yang penting dalam memotivasi belajar dalam menanamkan keagamaan anak di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember 2) metode BCM dapat membuat anak didik menjadi senang dalam pembelajaran sehari-hari dalam menanamkan nilai kegamaan di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember anak 3) metode BCM mengarahkan anak didik agar lebih memiliki akhlak yang mulia di RA Raudlatul Ulum Desa Suci Kecamatan Panti Kabupaten Jember

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19697

Actions (login required)

View Item View Item