Masruroh, Nur Laelatul (2019) Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Bima Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Nur Laelatul Masruroh_084 141 358.pdf Download (27MB) |
Abstract
Implementasi pendidikan karakter yakni untuk melaksanakan kegiatan keagamaan dengan metode pembiasaan dalam rangka menumbuhkan sikap religius, disiplin, dan jujur. Dengan metode pembiasaan diharapkan dapat meningkatkan karakteristik siswa dalam hal pembelajaran maupun keagamaannya.Sehingga siswa termotivasi untuk terus melakukan kegiatan tersebut tidak hanya di sekolah saja tetapi di luar sekolahpun tetap melakukan hal tersebut. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:Implementasi Pendidikan Karakter di SMA Bima Ambulu Jember, dengan rincian permasalah sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter religius di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember, (2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter disiplin di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember, (3) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter jujur di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember. Tujuan penelitian ini, yaitu: (1)Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter religius di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember, (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter disiplin di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember, (3) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter jujur di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember. Untuk mejawab fokus penelitian di atas peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan (field research). Pemilihan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumen. Adapun analisis data menggunakan model Milles dan Huberman yang meliputi kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pelaksanaan pendidikan karakter religius di Sekolah Menegah Atas Bima Ambulu Jember yaitu pelaksanaan kegiatan keagamaaan seperti pembiasaan shalat dhuhur berjama’ah yaitu untuk penanaman nilai karakter religius dan untuk merealisasikan visi SMA BIMA Ambulu yaitu masalah keimanan dan ketaqwaan salah satunya dengan menggerakkan keimanan dengan shalat berjama’ah yang diikuti oleh siswa baik siswa laki-laki maupun perempuan, dan untuk itu maka pengembanganya adalah dengan diadakannya kegiatan program pembiasaan shalat dhuhur berjama’ah. (2) Pelaksanaan pendidikan karakter disiplin di Sekolah Menegah Atas Bima Ambulu Jember dapat disimpulkan bahwa kegiatan untuk membentuk karakter disiplin siswa, kepala sekolah memberikan aturan kepada siswa agar memilih kegiatan yang sifatnya umum seperti paskibra, pramuka, PMR, pecinta alam, reog, musik patrol karawitan itu memilih satu dan kegiatan yang sifatnya kegamaan juga satu seperti dakwah, qiro’ah, kajian kitab kuning, samroh. Dengan kegiatan tersebut diharapkan dapat membentuk karakter siswa yang disiplin dengan apa yang mereka pilih dan bisa mempertanggung jawabkannya dengan baik. (3) Pelaksanaan pendidikan karakter jujur di Sekolah Menegah Atas Bima Ambulu Jember Dapat disimpulkan, bahwa kegiatan shalat dhuhur berjama’ah dengan mengabsen para siswa ini dilakukan agar mmbentuk karakter sisiwa yang jujur. Lalu ada tambahan nilai jika siswa tersebut rajin yakni pada saat pemberian rapot tiba karena dengan adanya kegiatan tersebut bisa membantu memperbaiki nilai keagamaan yang di dapat siswa. Tetapi siapa-siapa saja yang tidak hadir dalam kegiatan tersebut maka tidak akan mendapatkan nilai tambahan tetapi tidak juga nilai mereka di kurangi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 08:51 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 08:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19698 |
Actions (login required)
View Item |