Keputusan taksasi barang jaminan terhadap jumlah pinjaman uang dengan pertimbangan kondisi ekonomi nasabah di BMT Sidogiri Capem Kalisat.

Munir, Misbahul (2019) Keputusan taksasi barang jaminan terhadap jumlah pinjaman uang dengan pertimbangan kondisi ekonomi nasabah di BMT Sidogiri Capem Kalisat. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misbahul Munir_083143056.pdf

Download (5MB)

Abstract

Keputusan merupakan salah satu bagiaan dari sistem informasi yang berguna untuk meningkatkan efektifitas pengambilan keputusan untuk pengambilan uang bagi debitur. Sedangkan taksasi merupakan nilai/perkiraan harga tertentu yang akan dijadikan jaminan yang di dasarkan pada harga jadi, pasar dan peraturan yang berlaku pada masa tertentu. taksasi pada umumnya mempunyai kriteria tertentu. Fokus penelitian ini adalah: 1. Bagaimana prosedur taksasi barang jaminan di BMT Sidogiri Capem Kalisat? 2. Apakah kondisi ekonomi nasabah menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan taksasi barang jaminan terhadap jumlah pinjaman uang di BMT Sidogiri Capem Kalisat? Tujuan penelitian 1. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Prosedur taksasi barang jaminan di BMT Sidogiri Capem Kalisat 2. Untuk mengetahui dan mendeskripsikan kondisi ekonomi nasabah menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan taksasi barang jaminan terhadap jumlah pinjaman uang di BMT Sidogiri Capem Kalisat. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, sebagai presedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa tulisan maupun lisan dari orang-orang yang diamati, penelitian ini menggunakan teknik purposive, sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, interview, dan documenter. Selanjutnya untuk melihat keabsahan/ validitas data menggunakan trianggulasi sumber. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1. Prosedur taksasi barang jaminan di BMT Sidogiri Capem Kalisat yaitu: pinjaman yang diberikan sesuai dengan besar pinjaman, masing-masing berdasarkan nilai taksiran barang jaminan calon debitur dilihat layaknya barang dan patokan harga pasar. Prosedur taksasi barang jaminan juga menggunakan metode 5C yang meliputi character/watak, capacity/kemampuan capital/modal, collateral/agunan, condition/keadaan usaha) juga harus melengkapi persyaratan-persyaratan yang dibutuhkan oleh pihak BMT 2. kondisi ekonomi nasabah menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan taksasi barang jaminan terhadap jumlah pinjaman uang di BMT Sidogiri Capem Kalisat yaitu: penentuan nilai pinjaman yang diberikan BMT Sidogiri Capem Kalisat sesuai kondisi ekonomi di dasarkan presentase besar nilai taksiran barang jaminan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012717 al-‘Ariyah (Pinjam-meminjam)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19699

Actions (login required)

View Item View Item