Analisis Restrukturisasi Kredit Untuk Penyelesaian Kredit Bermasalah di Bank X Kantor Cabang Jember.

Mashudi, Muhammad Agil (2019) Analisis Restrukturisasi Kredit Untuk Penyelesaian Kredit Bermasalah di Bank X Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Agil Mashudi_083133147.pdf

Download (4MB)

Abstract

Salah satu kegiatan usaha bank adalah menyalurkan dana kepada masyarakat yang bebentuk kredit. Meskipun dalam memberikan suatu kredit kepada masyarakat telah benarbenar didasarkan pada prinsip kehati-hatian dan asas-asas perkreditan yang sehat serta di dukung oleh itikad baik dari para pejabat kredit, namun kemungkinan timbulnnya kredit bermasalah tetap ada. Bank dapat mengambil beberapa langkah untuk menyelesaikan suatu kredit yang bermasalah. Salah satu bentuk usaha Bank dalam menyelesaikan kredit bermasalah adalah dengan melakukan restrukturisasi kredit. Dalam hal ini fokus penelitian dikembangkan pada tiga fokus, yaitu (1) Prosedur pelaksanaan Restrukturisasi kredit dalam menyelesaikan kredit bermasalah di Bank X KC Jember?. (2) Kendala-kendala dalam pelaksanaan Restrukturisasi kredit di Bank X KC Jember?. (3) Strategi pemecahan masalah terhadap kendala-kendala dalam pelaksanaan Restrukturisasi kredit di Bank X KC Jember?. Penelitian ini bertujuan (1)Untuk mengetahui Prosedur pelaksanaan Restrukturisasi kredit dalam menyelesaikan kredit bermasalah di Bank X KC Jember. (2) Untuk mengetahui kendala-kendala dalam pelaksanaan Restrukturisasi kredit di Bank X KC Jember. (3) Untuk mengetahui strategi pemecahan masalah terhadap kendala-kendala dalam pelaksanaan Restrukturisasi kredit di Bank X KC Jember . Metode penelitian digunakan melalui pendekatan kualitatif, jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Metode keabsahan data menggunkan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: (1) prosedur dalam pelaksanaan restrukturisasi kredit di Bank X KC Jember yaitu pemanggilan debitur, negoisasi penyelesaian kredit, analisa dan evaluasi pemberian fasilitas restrukturisasi, putusan pemberian fasilitas restrukturisasi, pengumpulan dokumen-dokumen restrukturisasi dan pemantauan usaha dan laporan keuangan setelah dilakukan restruturisasi. (2) kendala-kendala dalam pelaksanaan restrukturisasi di Bank X KC Jember yaitu debitur tidak dapat diajak berkerja sama, kesulitan bernegoisasi karena debitur meminta keringanan berlebih, hasil keputusan restrukturisasi tidak dijalankan oleh debitur, data yang diberikan debitur tidak sesuai dengan kenyataan yang ada dan pihak bank tidak bisa memantau usaha dan keuangan debitur secara terus-menerus. (3) Strategi Bank X KC Jember dalam menangani kendala dalam pelaksanaan restrukturisasi yaitu dengan mengidentifikasi dan mengkaji faktor penyebab terjadinya masalah atau kendala-kendala dalam pelaksanaan restrukturisasi yang terjadi sebelumnya, lalu setelah penyebabnya diketahui pihak bank mencari solusi pemecahan masalahnya. Kata Kunci: Kredit bermasalah, Restrukturisasi Kredit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19701

Actions (login required)

View Item View Item