Pengaruh Westernisasi Terhadap Pembentukan Kepribadian Muslim Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember.

Aini, Qurotul (2015) Pengaruh Westernisasi Terhadap Pembentukan Kepribadian Muslim Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurotul Aini_084 111 147.pdf

Download (3MB)

Abstract

Westernisasi merupakan budaya orang-orang barat yang masuk dan berkembang. Kebudayaan yang masuk dan berkembang akan merubah keadaan suatu masyarakat dan apabila suatu masyarakat mengalami perubahan maka kepribadian dari setiap individu dalam dalam masyarakat tersebut juga akan berubah. Karena antara budaya, masyarakat dan kepribadian memiliki siklus yang akan terus berputar. Mengacu pada penjelasan diatas pokok masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh westernisasi terhadap Pembentukan Kepribadian Muslim Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember? sedangkan sub pokok masalah dalam skripsi ini adalah 1) adakah pengaruh westernisasi terhadapIbadah Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember?2) adakah pengaruh westernisasi terhadap keteladanan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember?3) adakah pengaruh westernisasi terhadap Amal Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember? Tujuan umum penelitian ini adalah: untuk mengetahui pengaruh westernisasi terhadap Pembentukan Kepribadian Muslim Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember? sedangkan tujuan khusus penelitian ini adalah 1) untuk mengatahui pengaruh westernisasi terhadapIbadah Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember?2) untuk mengetahui pengaruh westernisasi terhadap keteladanan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember?3) untuk mengetahui pengaruh westernisasi terhadap keteladanan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Jember? Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Field Research. Analisis data menggunakan Regresi Linier Bergandadan tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, interview dan dokumentasi. Hasil penelitian ini secara umum dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Westernisasi terhadap pembentukan kepribadian muslim dengan nilairxy sebesar 0,468 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,182 maka diperoleh Fhitung > Ftabel yaitu 4,073>0,170. Secarakhususdapatdisimpulkan bahwa ada pengaruh antara Westernisasi terhadapIbadahdenganrxysebesar 0,087 padatarafsignifikansi 5% sebesar 3,182 makadiperolehFhitung>Ftabelyaitu0,382>0,170.Kesimpulan khusus yang kedua dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara Westernisasi terhadap Keteladanandengannilairxysebesar 0,426 padatarafsignifikansi 5% sebesar 3,182 makadiperolehFhitung>Ftabelyaitu3,122>0,170.Kesimpulamkhusus yang ketigadengannilairxysebesar 0,299 padatarafsignifikansi 5% sebesar 3,182 makadiperolehFhitung>Ftabelyaitu 1,593>0,170.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19702

Actions (login required)

View Item View Item