Problematika Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember (Studi Kasus Tentang Mahasiswa Yang Bekerja)

Zamzami, Muhammad Nashir (2015) Problematika Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Jember (Studi Kasus Tentang Mahasiswa Yang Bekerja). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Nashir Zamzami_084 091 131.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksinya dengan lingkungannya. Perubahan sebagai hasil proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk seperti berubah pengetahuan, pemahaman, sikap dan tingkah laku, ketrampilan, kecakapan dan kemampuan, daya reaksi, daya penerimaan dan potensi-potensi lain yang ada pada individu. Dalam hal proses belajar banyak mahasiswa IAIN Jember melakukan kerja paruh waktu, baik di siang hari maupun di malam hari. Hal ini dikarenakan kondisi keuangan yang kurang mampu. Hal ini menimbulkan problematika tersendiri dalam belajarnya, seperti mahasiswa tersebut nilai akademiknya kurang, lamanya waktu belajar sampai 12 semester, dll. Penelitian ini berfokus pada: 1) Bagaimana problematika belajar intrinsik mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember (Studi Kasus tentang Mahasiswa yang Bekerja? 2) Bagaimana problematika belajar ekstrinsik mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember (Studi Kasus tentang Mahasiswa yang Bekerja?. Adapun tujuannya adalah 1) mendiskripsikan problematika belajar intrinsik mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember (Studi Kasus tentang Mahasiswa yang Bekerja, 2) mendiskripsikan problematika belajar ekstrinsik mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam IAIN Jember (Studi Kasus tentang Mahasiswa yang Bekerja. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melalui observasi, intrview, dan dokumentasi Dalam menetapkan keabsahan data, menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah: Mahasiswa IAIN jember yang bekerja memiliki pandangan dalam hal bekerja, ada yang karena keterpaksaan, kebutuhan dan ada yang karena hobby. Pandangan yang berbeda tersebut juga menimbulkan perbedaan dalam belajarnya. Ada yang membantu dalam perkualiahan dan ada yang menimbulkan problematika dalam belajar. Problematika belajar intriksik mahasiswa pekerja terdiri dari : aspek kognitif, aspek afektif dan aspek psikomotorik. Sedangkan problematika belajar ekstrinsik mahasiswa terdiri dari faktor keluarga, faktor lingkungan kampus, dan faktor lingkungan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:51
Last Modified: 07 Mar 2023 08:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19704

Actions (login required)

View Item View Item