Upaya Guru Madrasah dalam Mencegah Pengaruh Radikalisme di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Cluring Banyuwangi.

Fitriana, Rizha Ulfatul (2019) Upaya Guru Madrasah dalam Mencegah Pengaruh Radikalisme di Madrasah Tsanawiyah Aswaja Cluring Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rizha Ulfatul Fitriana_T20151103.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata Kunci : Upaya Guru Madrasah, Mencegah Pengaruh Radikalisme Maraknya aksi radikalisme Islam yang relative banyak di Banyuwangi karena adanya anggota terorisme. Fenemone gerakan Islam radikal di Indonesia belakangan ini, pemicunya relative kompleks, baik secara lokal, nasional maupun global. Upaya guru madrasah tidak bisa lepas dari peran dan tugas guru dalam mencegah pengaruh radikalisme pada peserta didik. Para guru perlu menyadari betapa pentingnya pemberian pemahaman agama Islam dengan jelas dan rasional kepada peserta didik, khusunya bidang akidah agar kepercayaan mereka terhadap bahaya radikalisme ini dapat dipahami dengan baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Mengapa guru melakukan upaya pencegahan pengaruh radikalisme pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Aswaja? 2) Apa saja upaya yang dilakukan guru dalam mencegah pengaruh radikalisme pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Aswaja? 3) Bagaimana hasil yang diperoleh dari upaya guru dalam mencegah pengaruh radikalisme pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Aswaja Cluring Banyuwangi? Tujuan penelitian: 1) Untuk mengungkap alasan guru melakukan upaya pencegahan pengaruh radikalisme pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Aswaja. 2) Untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru dalam mencegah pengaruh radikalisme pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Aswaja Cluring Banyuwangi. 3) Untuk menjelaskan hasil yang diperoleh dari upaya guru dalam mencegah pengaruh radikalisme pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Aswaja Cluring Banyuwangi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan subyek mengunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Analisis data menggunakan teknik Miles dan Hubermen yang terdiri dari reduksi data, peyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Alasan guru melakukan upaya pencegahan pengaruh radikalisme pada peserta didik Madrasah Tsanawiyah Aswaja karena rasa keprihatinan seorang guru dan rasa khawatir terhadap peserta didik. 2) Upaya yang dilakukan guru dalam mencegah pengaruh radikalisme dengan cara mengundang anggota Kepolisian/TNI dan juga menambahkan muatan lokal (Aswaja/NU), dengan melakukan kegiatan estrakulikuler pramuka, peserta didik menyayikan lagu Indonesia Raya sebelum memulai pembelajaran, peserta didik membaca asmahul husna sebelum pebelajaran dimulai. 3) Hasil yang diperoleh dari upaya guru madrasah yaitu peserta didik lebih memahami aksi radikalisme dan apa bahanya, peserta didik menolak keras aksi kekerasan, peserta didik hidup bertoleransi terhadap sesama masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:52
Last Modified: 07 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19707

Actions (login required)

View Item View Item