Penerapan Metode Tartila dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di RA Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016.

Ittihad, Ni'matul (2016) Penerapan Metode Tartila dalam Meningkatkan Ketrampilan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik di RA Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ni’matul Ittihad_084 111 012.pdf

Download (4MB)

Abstract

Al-Qur’an adalah kitab suci yang merupakan sumber utama ajaran Islam dan menjadi petunjuk kehidupan manusia. Dalam mempelajari Al-Qur’an, kita wajib memperhatikan kaidah tajwid dalam membacanya. Tak heran jika banyak lembaga pendidikan yang selalu mengembangkan pengetahuannya dalam mempelajari Al-Qur’an, seperti yang dilakukan oleh RA. Riyadlul Qori’in. Fokus masalah yang diteliti dalam sekripsi ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode Tartila dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di RA Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, 2) Bagaimana pelaksanaan metode Tartila dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di RA. Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, 3) Apa saja faktor penghambat metode Tartila dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di RA. Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016?, Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan metode Tartila dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di RA Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research. Penentuan responden dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling, yang dilakukan dengan cara mengambil subyek berdasarkan tujuan tertentu. Sedangkan pengumpulan datanya dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil penelitian yang terkumpul kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan menggunakan deskriptif kualitatif, selanjutnya untuk melihat keabsahan/validitas datanya dengan menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) penerapan metode Tartila dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di RA Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 meliputi kegiatan pembuka, kegiatan inti dan kegiatan penutup; 2) pelaksanaan metode Tartila dalam meningkatkan ketrampilan membaca AlQur’an peserta didik di RA. Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 menggunakan metode klasikal dan individual; 3) faktor penghambat metode Tartila dalam meningkatkan ketrampilan membaca Al-Qur’an peserta didik di RA. Riyadlul Qori’in Desa Ajung Kecamatan Ajung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2015/2016 meliputi alokasi waktu terbatas, perbedaan karakter peserta didik, minimnya asatidz, manajemen tidak maksimal dan belum ada sertifikat untuk asatidz.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 07 Mar 2023 08:52
Last Modified: 07 Mar 2023 08:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19708

Actions (login required)

View Item View Item