Problematika guru pendidikan agama Islam dalam Implementasi kurikulum 2013 di SMP Islam Tulupari Tiris Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015

Hakim, Lukman (2015) Problematika guru pendidikan agama Islam dalam Implementasi kurikulum 2013 di SMP Islam Tulupari Tiris Probolinggo Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lukman Hakim_084 101 039.pdf

Download (4MB)

Abstract

Setiap perubahan pasti memiliki problem (permasalahan), apalagi dalam implementasi Kurikulum 2013 yang berbasis kompetensi dan karakter yang baru diterapkan. Adapun persoalan-persoalan yang sedang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam implementasi kurikulum 2013 diantaranya : Sumber daya guru, minimnya guru yang ikut pelatihan, adaptasi peserta didik terhadap metode penerapan kurikulum 2013 membutuhkan waktu yang sangat panjang, dan perbedaan fasilitas antara lembaga pendidikan di kota dan di desa. Yang mana SMP Islam Tulupari Tiris Probolinggo terletak di desa yang masih kekurangan fasilitas dalam implementasi kurikulum 2013, namun sudah mencoba menerapkannya. Selain menerapkan kurikulum 2013 SMP Islam Tulupari Tiris Probolinggo masih mempunyai keunikan, seperti halnya kegiatan 3S (Senyum Sapa Salam), mengaji bersama sebelum masuk kelas dan sholat dzuhur berjama’ah. Fokus penelitian dalam sikripsi ini adalah Bagaimana problematika guru pendidikan agama Islam dalam merancang pembelajaran, dalam menentukan pendekatan pembelajaran, dalam pelaksanaan pembelajaran, dalam mengevaluasi, pembelajaran kurikulum 2013 di SMP Islam Tulupari Tiris Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015? Sikripsi ini bertujuan untuk Mendiskripsikan problematika guru pendidikan agama Islam dalam merancang pembelajaran, menentukan pendekatan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, mengevaluasi pembelajaran kurikulum 2013 di SMP Islam Tulupari Tiris Probolinggo tahun pelajaran 2014/2015 Pendekatan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dala sekripsi ini adalah metode observasi, interview, dan dokumentasi. Dari data yang sudah terkumpul selanjutnya dianalisi menggunakan analisis deskriptif dengn teknik reduksi data, penyajian data, dan penaikan kesimpulan serta data dianalisis dengan teknis triangulasi sumber dan metode. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan problematika guru pendidikan agama Islam di SMP Islam Tulupari Tiris Probolinggo yaitu: (1) Dalam merancang pembelajaran Kurikulum 2013. sosialisasi dari pemerinta yang kurang, minimnya pengetahuan dan pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013, guru yang masih butuh adaptasi terhadap kurikulum 2013, dan SDM guru dalam merancang atau merencanakan pembelajaran Kurikulum 2013 masih kurang maksimal, serta kurangnya fasilitas atau sarana prasarana. (2) Dalam pendekatan pembelajaran Kurikulum 2013. Guru yang merasa kesulitan mencari strategi dalam merubah siswa yang pasif menjadi aktif. Sarana prasarana yang tidak memadai. (3) Dalam pelaksanaan kurikulum 2013 yaitu pertama, perlunya adaptasi sesama guru guna untuk memahami tentang implementasi kurikulum 2013. Adaptasi siswa, dan fasilitas yang kurang memadai. (4) Dalam mengevaluasi kurikulum 2013, bahwa problem dalam mengevaluasi pembelajaran kurikulum 2013 adalah minimnya pengetahuan dan pemahaman cara mengevaluasi, seperti pengisian rapor siswa dan jurnal harian guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:53
Last Modified: 08 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19715

Actions (login required)

View Item View Item