Implikasi Keterlibatan Orang Tua Dalam Perkembangan Kemandirian Anak Taman Kanak-kanak Khodijah 14 Wringinputih Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015/2016

Muhimma, Maliana (2015) Implikasi Keterlibatan Orang Tua Dalam Perkembangan Kemandirian Anak Taman Kanak-kanak Khodijah 14 Wringinputih Kecamatan Muncar Kabupaten Banyuwangi Tahun 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maliana Muhimma _084 111 035.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan titipan Allah SWT yang harus dijaga dan dirawat dengan sebaik mungkin agar menjadi anak yang berguna. Melatih anak agar hidup mandiri adalah suatu hal yang sangat penting yang harus dilakukan oleh orang tua. Untuk melatih kemandirian diperlukan ketelatenan dan kesabaran agar anak perkembangan kemandirian anak optimal. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian fisik anak?, 2. Bagaimana implikasi keterlibatan orang tua dalam perkemangan kemandirian intelektual anak?, 3. Bagaimana implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian sosial dan emosi anak?. Tujuan umum dalam penelitian ini adalah 1. untuk mendiskripsikan implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian fisik, 2. Untuk mendisikripsikan implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian intelektual, 3. Untuk mendeskripsikan implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian sosial dan intelektual. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif jenis Field Resreach. Untuk mencari data-data peneliti menggunakan metode triangulasi sumber. Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1. Implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian fisik antara lain: kemandirian makan, kemanadirian berpakaian, kemanadirian membersihkan diri sendiri, dengan keterlibatan orang tua maka anak akan cepat dalam perkembangan kemandirian 2. Implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian anatara lain: kemandirian belajar dan kemandirian menyelesaikan tugasnya sendiri, kedua aktivitas tersebut tidak bisa dilakukan oleh anak dengan sendiri perlu bimbingan dan arahan dari orang tua dan guru 3. Implikasi keterlibatan orang tua dalam perkembangan kemandirian sosial dan emosi antara lain: anak sudah bisa lepas dari orang tua, anak sudah bisa berpindah lingkungan, anak sudah bisa bekerja sama, pada perkembangan sosial dan emosi anak masih belum terbiasa dengan lingkungan yang baru jadi orang tua harus sangat sabar dan telaten dalam membiasakan kemandirian sosial dan emosi dan juga orang tua harus terlibat agar perkembangan kemandirian sosial dan emosi anak maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:53
Last Modified: 08 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19717

Actions (login required)

View Item View Item