Analisis strategik program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan untuk tenagakerja Bukan Penerima Upah (BPU) (studi kasus BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember).

Hasan, Misbahul (2019) Analisis strategik program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan untuk tenagakerja Bukan Penerima Upah (BPU) (studi kasus BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Misbahul Hasan_083 143 188.pdf

Download (17MB)

Abstract

Pada umumnya perusahaan asuransi memiliki tujuan untuk mengalihkan risiko dari suatu pihak tertanggung kepada pihak penanggung melalui program yang diciptakan, program asuransi memiliki sebuah rencana awal yang didalamnya terdapat tujuan dari program tersebut, sasaran pemasaran, serta target yang ingin dicapai. Salah satu asuransi yang ada di Indonesia adalah BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan menanggung risiko-risiko yang kemungkinan dialami pekerja Indonesia melalui program jaminan sosial, pada tahun 2015 BPJS Ketenagakerjaan menciptakan program jaminan sosial untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkaji rencana awal dari program jaminan sosial untuk tenagakerja Bukan Penerima Upah (BPU) Fokus penelitian ini diantaranya: 1) apa tujuan dibentuknya program jaminan sosial untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)? 2) Siapa saja sasaran pemasaran dari program jaminan sosial untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU)? 3) Apa target yang ingin dicapai dari program jaminan sosial untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU) ? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui tujuan dibentuknya program jaminan sosial untuk pekerja Bukan Penerima Upah (BPU). 2) Untuk mengetahui sasaran pemasaran dari program jaminan sosail untuk pekerja bukan penerima upah (BPU). 3) Mengetahui target yang ingin dicapai dari program jaminan sosial untuk tenaga kerja bukan penerima upah (BPU). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan, dengan menitik beratkan kepada hasil pengumpulan data dari informan, lokasi penelitian di kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Jember, adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik: 1). Observasi, 2). Wawancara, 3). Dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif yaitu memberikan gambaran mengenai Analisis strategik program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan untuk tenaga kerja bukan penerima upah (BPU), dan apabila data tersebut sudah terkumpul secara keseluruhan maka kemudian peneliti melakukan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pertama, Tujuan dibentuknya program jaminan sosial tenagakerja bukan penerima upah adalah untuk mencapai perlindungan bagi seluruh pekerja Indonesia yakni lewat program jaminan sosial untuk tenagakerja Bukan Penerima Upah (BPU). Kedua, Sasaran pemasaran untuk tenagakerja bukan penerima upah adalah, setiap pekerja-pekerja mandiri yang tidak termasuk kedalam kategoti pekerja Penerima Upah, dan di perjelas dalam Permenaker No.1 tahun 2016 pasal 4 ayat 1, dengan pemaksimalan umur 60 tahun, serta estimasi penghasilan sebesar Rp. 100.000,-/Bulan. Ketiga, Target yang ingin di capai meliputi, Target produk yang di pasarakan, Target demografi, berupa target dengan minimal estimasi penghasilan yakni 1juta, dan usia yang maksiamal pendaftaran 60 tahun, dengan jenis kelamin laki-laki maupun perempuan, dan target jumlah konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012706 al-Dhaman (Jaminan)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:53
Last Modified: 08 Mar 2023 06:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19719

Actions (login required)

View Item View Item