Penerapan Pendidikan Salafi Dan Khalafi Di Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Tahun Pelajaran 2013/2014

Diansyah, Moh. Permadani Nur (2015) Penerapan Pendidikan Salafi Dan Khalafi Di Pondok Pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah Desa Glagahwero Kecamatan Kalisat Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Permadani Nur Diansyah_084 101 240.pdf

Download (682kB)

Abstract

Pendidikan adalah perintah Allah yang wajib dilaksanakan, dengan pendidikan manusia akan mencapai tujuan yang diinginkan yaitu beriman dan bertakwa. Oleh karena itu pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah melakukan kewajibannya untuk mendidik santri yang berada di pondok pesantren. Pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah menerapkan pendidikan salaf dan khalaf untuk mendidik santri dalam kesehariannya. Adapun yang menjadi fokus masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan pendidikan salafi dan khalafi di pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah desa Glagahwero Kecamatan Kalisat tahun pelajaran 2013/2014. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan salafi dan khalafi di pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah desa Glagahwero Kecamatan Kalisat tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif sebagai tehknik analisa data dan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai pengumpulan data. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, pendekatan ini diarahkan kepada latar dan individu tersebut secara holistik (utuh). Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah penerapan pendidikan salafi dan khalafi di pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah adalah:1) kurikulum : kurikulum yang diterapkan adalah kurikulum lokal dan kurikulum Nasional. Kurikulum local adalah kurikulum yang diterapkan pondok pesantren dengan menggunakan metode klasikal dalam proses belajar mengajarnya. Kurikulum Nasional adalah kurikulum pemerintah yang diterapkan dipondok pesantren dan dibawah naungan DEPAG dan DikNas. Pendidikan yang berada dibawah naungan DEPAG adalah pendidikan Wustho sedangkan pendidikan yang berada dibawah naungan DikNas adalah pendidikan SMK jurusan multimedia. 2) proses belajar mengajar: Proses belajar mengajar di pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah yaitu tentang kegiatan ustadz/ustadzah dan kegiatan santri. Kegiatan ustadz/ustadzah adalah mendidik dan mengajar bagi santri yang belajar di pondok pesantren. Sedangkan kegiatan santri adalah mengikuti pendidikan yang telah diterapkan di pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah. 3) Evaluasi : penerapan evaluasi yang dilakukan di pondok pesantren Raudlatul Jannah Latifiyah adalah evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Evaluasi formatif adalah evaluasi jangka pendek atau disebut ulangan harian sebagai tolak ukur kemampuan pengajar dan santri. Sedangkan evaluasi sumatif adalah evaluasi jangka panjang yang mana dilakukan untuk melihat kemampuan santri dalam menyerap pelajaran dan dapat dilihat dari hasil raport santri, apakah santri naik kelas atau tidak? Dan juga diadakan Imtihanan setiap satu tahun sekali. Sedangkan metode yang digunakan dalam penerapan pendidikan salafi adalah metode sorogan dan bandongan dan pendidikan khalafi adalah metode ceramah, metode diskusi dan metode pemberian tugas. Metode tersebut digunakan untuk merangsang santri dalam penyerapan materi yang diberikan oleh pengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:48
Last Modified: 08 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19721

Actions (login required)

View Item View Item