Upaya Meningktakan Minat Nasabah Terhadap Pembiayaan Musyrakah di Koperasi Syariah Nuri (KSN) Jawa Timur Cabang Bangsalsari.

Faruq, Mohammad Rizal (2019) Upaya Meningktakan Minat Nasabah Terhadap Pembiayaan Musyrakah di Koperasi Syariah Nuri (KSN) Jawa Timur Cabang Bangsalsari. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mohammad Rizal Faruq_083 133 189.pdf

Download (6MB)

Abstract

Di daerah Jember persaingan antar produk lembaga keuangan bukan hanya dilingkup lembaga keuangan syariah akan tetapi persaingan tersebut terjadi pada bank konvensional yang tentunya jika kita flasback keuangan kepada nasabah lebih dapat diukur, seperti lembaga keuangan syariah khususnya pada produk pembiayaan musyarakah mampu menarik perhatian nasabah. Berangkat dari hal tersebut peneilti tertarik melakukan penelitian skripsi dengan judul “Upaya Meningkatkan Minat Nasabah Terhadap Pembiayaan Musyarakah Di Koperasi Syariah Nuri (KSN) Jawa Timur Cabang Bangsalsari”. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana penerapan dan apa saja manfaat pembiayaan musyarakah di KSN JATIM Cabang Bangsalsari Jember? 2) Bagaimana minat anggota terhadap pembiayaan musyarakah di KSN JATIM Cabang Bangsalsari Jember? 3) Apa upaya pengurus KSN JATIM Cabang Bangsalsari Jember agar minat anggota terhadap pembiayaan musyarakah meningkat? Tujuan penelitiannya adalah 1) Mengetahui penerapan dan manfaat pembiayaan musyarakah di KSN JATIM Cabang Bangsalsari Jember. 2) Mengetahui minat anggota KSN JATIM Cabang Bangsalsari Jember terhadap pembiayaan musyarakah. 3) Mengetahui formula dan strategi yang digunakan oleh KSN JATIM Cabang Bangsalsari Jember guna meningkatkan minat anggota terhadap pembiayaan musyarakah. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dolumentasi. Analisi data meliputi reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan keabsahan data triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah 1) Penerapan pembiayaan musyarakah di KSN adalah meliputi beberapa unsur diantaranya; penentuan akad; antaradhin minhum; aset musyarakah dapat di-ijarah-kan. Manfaat pembiayaan musyarakah terbagi pada dua subjek yang merasakannya, yaitu lembaga KSN sendiri dan anggotanya. Manfaat bagi KSN yaitu sebagai penyaluran dana dan Jumlah bagi hasil sesuai pendapatan mitra. Manfaat bagi anggota yaitu pembagian hasil tidak memberatkan; Penyetoran (hasil/laba) per-triwulan; dan Denda hanya 1% dari modal yang diterima. 2) Minat anggota terhadap produk pembiayaan musyarakah di KSN dipengaruhi oleh adanya motiv dari para nasabah, faktor kebutuhan dan harapan-harapan dari sisi ekonomi di masa depan. Faktor-faktor minat tersebut dapat diukur dari kepercayaan nasabah. 3) Upaya Pengurus KSN agar minat anggota terhadap pembiayaan musyarakah meningkat dimulai dengan langkah awal identifikasi masalah. Strategi tersebut meliputi strategi produk strategi tempat strategi tempat, strategi promosi, pelayanan (service).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:48
Last Modified: 08 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19723

Actions (login required)

View Item View Item