Pembinaan Akidah Akhlak pada Anak dalam Lingkungan Lokalisasi Bandengan (Studi Kasus di TPQ Nurul Yaqin Bandengan Panarukan Situbondo).

Sayaroh, Siti (2015) Pembinaan Akidah Akhlak pada Anak dalam Lingkungan Lokalisasi Bandengan (Studi Kasus di TPQ Nurul Yaqin Bandengan Panarukan Situbondo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Sayaroh_084 111 143.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembinaan Akidah Akhlak pada anak sejak dini sangat dibutuhkan apalagi bagi anak-anak yang hidup dan tinggal di tempat yang kurang sehat yakni lingkungan lokalisasi. Serta orang tua yang kurang perhatian terhadap tumbuh kembang anak. Dengan adanya lembaga TPQ Nurul Yaqin (lembaga non formal) yang memberikan pembinaan terhadap anak didik di lingkungan tersebut Mengacu pada penjelasan di atas, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pembinaan Akidah pada anak yang diterapkan TPQ Nurul Yaqin Bandengan Panarukan Situbondo di lingkungan lokalisasi Bandengan? 2) Bagaimana pembinaan Akhlak pada anak yang diterapkan TPQ Nurul Yaqin Bandengan Panarukan Situbondo di lingkungan lokalisasi Bandengan? Tujuan dari penelitian ini: 1) Untuk mendeskripsikan pembinaan Akidah pada anak yang diterapkan TPQ Nurul Yaqin Bandengan Panarukan Situbondo di lingkungan lokalisasi Bandengan. 2) Untuk mendeskripsikan pembinaan Akhlak pada anak yang diterapkan TPQ Nurul Yaqin Bandengan Panarukan Situbondo di lingkungan lokalisasi Bandengan. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, subjek penelitian Purposive Sampling. Pengumpulan datanya dengan menggunakan Observasi , Interview dan dokumentasi. Sedangkan analisa datanya menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk mengecek kebenaran hasil penelitian, keabsahan data yang peniliti gunakan adalah Trianggulasi sumber dan tekhnik. Adapun kesimpulan dari penelitian ini yaitu, 1) Pembinaan Akidah pada anak diterapkan dengan adanya pembelajaran akidah yang didalamnya terdapat rukun Iman, dalam pembelajarannya para pembina TPQ Nurul Yaqin menggunakan metode ceramah dan cerita. 2) Pembinaan Akhlak pada anak dalam lingkungan lokalisasi Bandengan di TPQ Nurul Yaqin Bandengan Panarukan Situbondo, a) pembinaan Akhlak dalam hal hablum minallah, anak-anak antusias untuk belajar di TPQ Nurul Yaqin karena mereka ingin menjadi anak yang baik. Dalam pembelajaran di TPQ Nurul Yaqin anak selalu mengikuti sholat berjamaah dengan pengawasan oleh Ustad dan Ustadzah, b) pembinaan akhlak dalam hal hablum minannas, meliputi akhlak anak kepada orang tua, guru dan teman dapat terjalin dengan harmonis. Hubungan anak dengan para orang tua terjalin dengan harmonis dibuktikan dengan para orang tua selalu mengantar anak-anak mereka untuk mengaji di TPQ Nurul Yaqin, dan anak-anak patuh dengan segala perinyah Ustad dan Ustadzah, begitu juga hubungan anak-anak dengan teman sebaya terjalin dengan harmonis dibuktikan dengan saling belajar mengaji bersama, dan pertemanan diantara mereka bersifat kelompok tanpa memilih-milih teman, c) akhlak anak dalam hal hablum minal alam, para anak selalu menjaga lingkungan dengan cara membuang sampah pada tempatnya. Selain itu, para anak sangat mencintai dan memelihara hewan, karena dengan mencintai hewan membuktikan bahwa mereka mencintai sesama makhluk hidup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:48
Last Modified: 08 Mar 2023 06:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19725

Actions (login required)

View Item View Item