Pengaruh Penetapan Ujrah terhadap Profitabilitas BMT NU Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember.

Sholehah, Nikmatus (2019) Pengaruh Penetapan Ujrah terhadap Profitabilitas BMT NU Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nikmatus Sholehah_083 14 3303.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pihak BMT NU Sumbersari menerapkan sistem ujrah/ fee/ imbalan atas jasa atau manfaat atas suatu barang, yang mana ujrah tersebut ditentukan berdasarkan perhitungan yang telah ditentukan perusahaan. Keputusan penetapan ujrah sangat mempengaruhi laba yang akan diperoleh BMT, oleh karena itu diperlukan perencanaan yang matang dalam mengambil keputusan untuk menetapkan ujrah. Keputusan ini sangat dipengaruhi oleh kebijakan manajemen untuk penetapan ujrah dan tujuan BMT itu sendiri khususnya laba dan rasio Return On Assets (ROA) dan Return On Equity (ROE) yang diharapkan. Mengenai Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Apakah ada pengaruh signifikan antara ROA terhadap Profitabilitas BMT NU Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember? (2) Apakah ada pengaruh signifikan antara ROE terhadap Profitabilitas BMT NU Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember? Berdasarkan masalah yang telah dirumuskan, maka penelilian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh signifikan antara ROA terhadap Profitabilitas BMT NU Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember. (2) Mengetahui pengaruh signifikan antara ROE terhadap Profitabilitas BMT NU Jawa Timur Cabang Sumbersari Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian data time series. Jenis data yang digunakan peneliti adalah data sekunder. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Analisis Jalur (Path Analysis), uji Koefisien Determinasi (R2 ), dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penetapan ujrah berpengaruh terhadap profitabilitas ROA secara parsial, dengan tingkat pengaruh yang kecil yaitu ROA hanya sebesar 12%. (2) Penetapan ujrah berpengaruh terhadap profitabilitas ROE secara parsial, dengan tingkat pengaruh yang kecil yaitu ROE hanya sebesar 6,1%. Selebihnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dicantumkan dalam penelitian ini. Kata kunci: Ujrah, Profitabilitas, ROA, ROE.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:49
Last Modified: 08 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19728

Actions (login required)

View Item View Item