Penerapan Metode Pembiasaan dalam Menanamkan Nilainilai Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Tanggul Tahun Pelajaran 2014/1015.

Emiyati, Susi (2015) Penerapan Metode Pembiasaan dalam Menanamkan Nilainilai Agama Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Tanggul Tahun Pelajaran 2014/1015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Susi Emiyati_084 101 125.pdf

Download (4MB)

Abstract

Metode pembiasaan merupakan sesuatu cara yang dapat dilakukan untuk membiasakan anak berfikir, bersikap, bertindak sesuai dengan ajaran agama. Pembiasaan dalam pendidikan pada anak sangat penting, terutama pembentukan pribadi akhlak dan agama pada umumnya, karena pembiasaan-pembiasaan itu akan memasukkan unsur-unsur positif dalam pribadi anak yang sedang tumbuh. Semakin banyak pengalaman agama yang didapatnya melalui pembiasaan, semakin mudahlah anak memahami sebuah ajaran agamayang akan dijelaskan oleh gurunya di kemudian hari. Fokus penelitian yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1)Bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Akidah di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal kecamatanTanggulTahun Pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Ibadah di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal kecamatanTanggul Tahun Pelajaran 2014/2015? (3)Bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Akhlak di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal kecamatanTanggul Tahun Pelajaran 2014/2015?. Tujuandilakukannya penelitian ini adalah (1)Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Akidah di Taman KanakKanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Tanggul Tahun Pelajaran 2014/2015. (2)Untuk mendeskripsikan penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilaiIbadahdi Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Tanggul Tahun Pelajaran 2014/2015. (3)Untuk mendeskripsikanpenerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Akhlakdi Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Tanggul Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data kualitatif. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini, dapat diambil beberapa kesimpulan, yaitu; (1) Penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Akidah di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Tanggul dilakukan melalui bernyanyi rukun iman, menghafal surat-surat pendek, membaca huruf hijaiyah, membaca iqro’ setiap hari sabtu, dan berdo’a.(2) Penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Ibadah di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal Kecamatan Tanggul antara lain: mengucapkan dua kalimat syahadat, mempraktekkan shalat, dan berinfak. Untuk ibadah puasa pembiasaanya belum dilakukan karena sebagian orang tua yang kurang mendukung. Untuk ibadah haji hanya diadakan manasik haji 2 tahun sekali. (3) Penerapan metode pembiasaan dalam menanamkan nilai-nilai Akhlak di Taman Kanak-kanak Aisyiyah Bustanul Athfal ini antara lain: bersyukur dan berdo’a kepadaAllah, memberi keteladanan yang baik, dan menjaga lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:49
Last Modified: 08 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19729

Actions (login required)

View Item View Item