Strategi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Prodi PAI Menjadi Guru Profesional.

Wulandari, Novita Ayu (2015) Strategi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember dalam Meningkatkan Mutu Lulusan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Prodi PAI Menjadi Guru Profesional. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Novita Ayu Wulandari_084 111 296.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi, Mutu, Guru Profesional Pendidikan adalah salah satu faktor penting bagi kemajuan suatu Bangsa dan Negara. Untuk mencapai kesuksesan dalam bidang pendidikan, maka yang harus diperhatikan adalah kinerja perguruan tinggi sebagai lembaga pengajaran yang berfungsi untuk mencetak generasi unggul dalam berbagai bidang, sehingga pengelola memiliki kewajibam untuk merumuskan strategi dan mempraktekannya dalam menciptakan mutu lulusan sesuai dengan visi suatu lembaga. Begitu juga dengan visi dari suatu lembaga perguruan tinggi FTIK Prodi PAI IAIN Jember yaitu unggul dalam menyiapkan tenaga pendidik profesional yang memiliki kekokohan akidah, kedalaman spiritual, dan keluhuran akhlak. Fokuspenelitianiniadalah1)Apa strategi FTIK IAIN Jember dalam meningkatkan mutu lulusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Prodi PAI menjadi guru profesional, 2) Bagaimana cara menerapkan strategi tersebut?, 3). Apa saja faktor kendala dan penunjang dalam menerapkan strategi tersebut?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan strategi FTIK IAIN Jember dalam meningkatkan mutu lulusan mahasiswa Jurusan Pendidikan Islam Prodi PAI menjadi guru profesional. 2) Untuk mendeskripsikan cara menerapkan strategi. 3) Untuk mendeskripsikan faktor kendala dan penunjang dalam menerapkan strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan informan, dokumen, dan kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan,sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: 1) strategi dalam meningkatkan mutu lulusan mahasiswa menjadi guru profesional dengan pengembangan kurikulum, penyediaan sarana dan prasarana, manajemen sumber daya manusia. 2) Penerapan strategi peningkatan mutu meliputi, pengembangan kurikulum melalui rakorev, pengelolaan sarana prasarana, memaksimalkan fungsi lab dengan program PPL I dan II, Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) meliputi pelatihan untuk dosen, pengelolaan kelas dalam proses pembelajaran, meningkatkan kinerja tenaga kependidikan dengan melakukan tugas dan tanggung jawab dalam memenuhi kebutuhan dosen dan mahasiswa. 3) Faktor kendala rendahnya motivasi mahasiswa, minimnya sarana prasarana, SDM (dosen) kurang, kinerja dosen kurang baik. Faktor penunjang berasal dari keaktifan mahasiswa, adanya tenaga pendidik dan tenaga kependidikan, pemberian program PPl, intensiv, dan adanya sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:49
Last Modified: 08 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19734

Actions (login required)

View Item View Item