Studi Komparasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak antara Kitab Al_Barzanji Karya Syaikh Ja’far Al-Barzanji dan Kitab Taisirul Khallaq Karya Hafiz Hasan Al-Mas’udi.

Febriyanti, Tita Rohani (2015) Studi Komparasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak antara Kitab Al_Barzanji Karya Syaikh Ja’far Al-Barzanji dan Kitab Taisirul Khallaq Karya Hafiz Hasan Al-Mas’udi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tita Rohani Febriyanti_084 101 134.pdf

Download (831kB)

Abstract

Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu upaya mewariskan nilai yang akan menjadi penentu memperbaiki peradaban umat manusia. Dalam dunia pendidikan saat ini, akhlak adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan dan diterapkan. Akhlak harus dimiliki sekaligus diamalkan oleh manusia sebagai khalifah dan sebagai hamba Allah. Perhatian terhadap pentingnya pendidikan akhlak kini muncul kembali, hal itu terjadi karena krisis pendidikan ahlak yang dapat terlihat dari semakin berkembangnya kecenderungan manusia untuk berbuat jahat dan kekerasan serta rusaknya tatanan sosial ditambah dengan semakin rendahnya akhlak manusia. Kitab Taisirul Khallaq dan kitab Al-Barzanji adalah salah satu kitab yang dapat dijadikan sebagai masukan dalam memberikan solusi dalam dunia pendidikan. Fokus kajian dalam skripsi ini adalah: Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Barzanji dan kitab Taisirul Khallaq?. Dengan sub fokus kajian: 1) Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Barzanji?. 2) Bagaimana nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khallaq? dan 3) Apa persamaan dan perbedaan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab AlBarzanji dan Kitab Taisirul Khallaq?. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Barzanji karya Ja’far Al-Barzanji dan kitab Taisirul Khallaq karya Hafiz Hasan Al-Mas’udi. Sedangkan tujuan khususnya adalah: 1) Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-barzanji.2)Untuk mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan akhlak dalam Kitab Taisirul Khallaq.3)Untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan nilai-nilai pendidikan akhlak antara kitab Al-Barzanji dan kitab Taisirul Khallaq. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (Library Research).Metode pengumpulan datanya dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan content analysis. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Al-Barzanji meliputi: a) Akhlak kepada Allah (syukur dan rendah hati). b) Akhlak kepada diri sendiri (meninggalkan perzinahan). c) Akhlak kepada keluarga (Tidak menjadikan beban terhadap orang lain). d) Akhlak kepada masyarakat (menghormati, rendah hati dan sopan). e) Akhlak kepada bangsa (menghormati pemimpin dan berbicara kebenaran). 2. Nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Taisirul Khallaq, meliputi: a) Akhlak kepada Allah (takwa, jujur dan amanah). b) Akhlak kepada diri sendiri (menjaga kebersihan, adil, harga diri, dermawan, menahan amarah dan moral yang baik). c) Akhlak kepada keluarga(kerukunan, kasih sayang, menghormati, menolong, tawadlu’, sabar, adil, jujur dan amanat). d) Akhlak kepada masyarakat (dermawan, empati, menghormati, menolong, tawadlu’ adil dan amanat). e) Akhlak kepada bangsa digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id vii (adil dan menjaga kebersihan lingkungan). 3. Persamaan dan perbedaannya, a) Persamaan: Pengarang kitab tersebut merupakan tokoh Islam yang peduli terhadap perkembangan Islam, kedua kitab ini mendasarkan pada Al-Qur’an dan Hadits dan telah memberikan sumbangsih positif bagi dunia Islam. b). Perbedaan: Kitab Al-Barzanji adalah karya tulis sastra yang memuat kehidupan Nabi Muhammad, dijelaskan melalui contoh perilaku (akhlak) Nabi Muhammad dan terdiri dari 19 bab untuk Natsr serta 16 bab untuk Nadhom. Sedangkankitab Taisirul Khallaq ditulis secara jelas dalam setiap bab, dijelaskan dalam bentuk teori dan terdiri dari 31 bab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:49
Last Modified: 08 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19735

Actions (login required)

View Item View Item