Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VI Pada Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Slateng Tahun Pelajaran 2015/2016

Firdausia, Nurjanatul (2015) Metode Resitasi Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Kelas VI Pada Materi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Slateng Tahun Pelajaran 2015/2016. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nurjanatul Firdausia_084111 286.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peningkatan ilmu pengetahuan tidak terlepas dari membaca, sehingga dengan membaca akan mengerti apa yang telah terjadi, berubah dan berkembang. Dengan membaca wawasan manusia akan bertambah dan terus bertambah sehingga menjadi manusia cerdas dalam menghadapi segala tantangan jaman. Hal ini tidak terlepas dari peserta didik sendiri. Dengan kemampuan membaca akan dapat meningkatkan belajarnya. Dewasa ini perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut peningkatan kualitas pendidikan. PAI sebagai salah satu cabang ilmu adalah merupakan tujuan peradaban manusia yang memegang peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi karena berfungsi sebagai dasar untuk mempelajari materi pelajaran yang lain. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana metode resitasi untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VI pada materi PAI aspek Akhlak di Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Slateng Tahun Pelajaran 2015/2016? 2) bagaimana metode resitasi untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VI pada materi PAI aspek Aqidah di Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Slateng Tahun Pelajaran 2015/2016? 3) bagaimana metode resitasi untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VI pada materi PAI aspek Fiqih di Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Slateng Tahun Pelajaran 2015/2016? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana metode resitasi untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VI pada materi pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Islam Nurul Huda Slateng Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) metode resitasi untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VI pada materi Pendidikan Agama Islam aspek Akhlak meliputi pertama guru memberikan tugas untuk membaca dan merangkum materi tentang menghindari perilaku tercela seperti Abu Lahab; kedua pelaksanaan tugas (guru memberikan bimbingan dan pengawasan dengan berkeliling ke bangku siswa untuk memastikan apakah siswa mengerjakan tugas atau tidak); ketiga mempertanggung jawabkan tugas (siswa diminta oleh guru maju ke depan untuk membacakan hasil rangkuman tentang sifat-sifat yang tercela). 2) metode resitasi pada materi PAI aspek Aqidah meliputi: pertama, pemberian tugas (guru meminta siswa untuk mencatat hal-hal yang berkaitan dengan hari akhir); kedua, pelaksanaan tugas (guru mengajak siswa ke perpustakaan untuk mempermudah siswa dalam melaksanakan tugas mencatat tentang hari akhir); ketiga, mempertanggung jawabkan tugas (siswa diminta maju ke depan untuk membacakan catatan mereka tentang hari akhir). 3) metode resitasi untuk meningkatkan minat baca siswa kelas VI pada materi PAI aspek Fiqih yaitu guru memberikan tugas membaca bacaan-bacaan shalat dan mengajaknya ke mushollah, kemudian siswa diminta maju ke depan untuk mempraktekkan tata cara shalat yang benar serta bacaan shalat yang sesuai dengan mahrajnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:49
Last Modified: 08 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19737

Actions (login required)

View Item View Item