Pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember.

Haqq, Ahmad Dhiyaa Ul (2016) Pengelolaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ahmad Dhiyaa Ul Haqq_0849113024.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci : Pengelolaan Pembelajaran, Spiritual Quotient Usaha peningkatan mutu pendidikan, khususnya Pendidikan Agama Islam erat kaitannya dalam pembentukan pribadi anak. Tujuan Pendidikan Agama Islam adalah untuk menumbuhkan dan meningkatkan keimanan melalui pemberian dan pemupukan pengetahuan, penghayatan, pengamalan serta pengalaman peserta didik tentang agama Islam sehingga dapat membentuk peserta didik hidup sesuai dengan ajaran Islam, menjadi manusia muslim yang terus berkembang dalam hal keimanan dan ketakwaannya. serta memiliki kecerdasan spriritual (Spiritual Quotient) dalam memilih dan memutuskan serta berbuat dan bertindak berdasarkan nilai-nilai Islam dan bertanggung jawab sesuai nilai-nilai Islam. Untuk itu, pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember perlu pengelolaan yang baik untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember.(2) Mendiskripsikan Pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. (3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Pendekatan kualitatif jenis deskriptif merupakan penelitian yang didasarkan pada data alamiah yang berupa kata-kata dalam mendeskripsikan obyek yang diteliti. Dalam penelitian ini, kedudukan peneliti bertindak sebagai instrument utama pengumpulan data. Dalam pemilihan informan, digunakan teknik purposive, selanjutnya, untuk memilih dan menentukan informan dalam penelitian ini, digunakan teknik snowball. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga tekhnik, yaitu : observasi Parsitifatif, wawancara mendalam (indepth interview), dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan cara digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id v verifikasi data, dengan cara ; mengecek metodologi yang telah digunakan untuk memperoleh data, mengecek kembali hasil laporan, dan triangulasi. Hasil penelitian selama di lapangan sebagai berikut ; 1) Perencanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember dilakukan oleh Guru PAI bersama Kepala Sekolah dan Waka Kurikulum dengan langkah-langkah; Menambahkan Pelajaran pengembangan dari Pendidikan Agama Islam dan Mengadakan Rapat Khusus Guru Pengembangan Pendidikan Agama islam. Stretegi yang digunakan adalah Mengharuskan Semua Guru menjadi Uswah bagi muridnya dan Mengadakan Program Pembiasaan Keagamaan Terhadap siswa. 2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember diawali dengan persiapan dari sekolah berupa peraturan dan program pembiasaan. Sedangkan yang disiapkan oleh guru PAI adalah perangkat pembelajaran dan ayat-ayat motivasi. Kegiatan yang dilaksanakan dalam meningkatkan Spiritual Quotient adalah Apel pagi (doa bersama, motivasi), tadarus Al Quran, Sholat Dhuha, Sholat Dhuhur berjamaah. Serta pembiasaan Daimul Wudhu. Faktor pendukung pelaksanaan pembelajaran adalah komitmen dan dukungan dari semua dewan guru, lingkungan belajar dan sarana prasarana. Faktor penghambat beberapa siswa kurang disiplin, guru kewalahan dalam pengawalan dan pengontrolan kegiatan yang berada diluar area sekolah. 3) Evaluasi pembelajaran PAI dalam meningkatkan Spiritual Quotient siswa di SMA Unggulan BPPT Darus Sholah Jember Menggunakan system pemantauan terhadap kedisiplinan dan performa siswa. Evaluasi dilakukan oleh Guru PAI dibantu oleh semua guru dan siswa dalam pemantauan performa. Evaluasi pembelajaran dikelas dilaksanakan setiap tahun. Evaluasi Pembelajaran pembiasaan dilakukan setiap hari dan ditindak lanjuti setiap pekan. Hasil evaluasi digunakan untuk pengembangan pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:49
Last Modified: 08 Mar 2023 06:49
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19742

Actions (login required)

View Item View Item