Peranan Guru dalam Melatih Perkembangan Kognitif pada anak usia dini di TK Miftahus Surur Krajan Sumber Ketempa Kalisat Jember

Isnaini, Riski (2015) Peranan Guru dalam Melatih Perkembangan Kognitif pada anak usia dini di TK Miftahus Surur Krajan Sumber Ketempa Kalisat Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riski Isnaini_084 111 219.pdf

Download (1MB)

Abstract

Secara keseluruhan guru adalah figur yang menarik perhatian semua orang baik dalam lingkungan keluarga, sekolah ataupun masyarakat. Disekolah figur guru merupakan pribadi kunci. Seorang guru adalah panutan bagi anak didik. Semua sikap dan perilaku guru akan dilihat, didengar, dan ditiru oleh anak didik terutama anak masih usia dini. Guru bukan hanya sebagai pengajar akan tetapi juga memberikan motivasi pada anak dalam melatih perkembangan terutama perkembangan kognitif. Mengenai fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peranan guru sebagai pengajar dalam melatih perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Miftahus Surur krajan sumber ketempa kalisat jember? (2) Bagaimana peranan guru sebagai pembimbing dalam melatih perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Miftahus Surur krajan sumber ketempa kalisat jember? Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan peranan dalam melatih perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Miftahus Surur krajan sumber ketempa kalisat jember. Dan tujuan secara khusus terdiri dari dua bagian yaitu: (1) Untuk menganalisis dan mendeskripsikan peranan guru sebagai pengajar dalam melatih perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Miftahus Surur krajan sumber ketempa kalisat jember? (2) Bagaimana peranan guru sebagai pembimbing dalam melatih perkembangan kognitif pada anak usia dini di TK Miftahus Surur krajan sumber ketempa kalisat jember? Metode penelitian yang digunakan adalah menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara,dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode Miles Huberman yaitu data reduction, data display, conclusion drawin/verification. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi tekhnik. Hasil penelitian dalam skripsi ini secara umum menunjukkan bahwa Peranan guru dalam melatih perkembangan kognitif pada anak hususnya di TK Miftahus Surur ini, bahwasanya Perkembangan kognitif pada anak merupakan kemampuan anak untuk berpikir lebih kompleks serta kemampuan melakukan penalaran dan pemecahan masalah yang termasuk dalam proses psikologis yang berkaitan dengan bagaimana individu mempelajari dan memikirkan lingkungannya Kesimpulan khusus dalam penelitian ini yaitu yang (1) Perarnan guru, guru sebagai pengajar dalam melatih perkembangan kognitif pada anak usia dini harus memahami tentang perkembangan kognitif dan tahap-tahap karakteristik perkembangan kognitif agar kita mampu mengetahui perkembangan kemampuan kognitif masing-masing anak guru hendaknya merencanankan dan memotivasi anak. kemudian Guru sebagai Pembimbing dalam melatih perkembangan kognitif digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix pada anak. Bimbingan pada hakikatnya merupakan aktivitas yang terarah kepada optimalisasi kembangan anak dimana seorang guru harus membina hubungan baik dan membantu mengatasi kesulitan belajar anak.(2) Perkembangan kognitif dimana kemampuan kognitif dapat dipahami sebagai kemampuan anak untuk berpikir, termasuk didalamnya kemampuan menghafal/pengetahuan/ingatan, melatih pemahaman anak tentang sesuatu dan dilatih untuk menerapkan kemampuan kognitifnya sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:50
Last Modified: 08 Mar 2023 06:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/19744

Actions (login required)

View Item View Item